“Rumah Anak Bumi” Gandeng KNPI Parungpanjang Bersihkan Kali Desa Cibunar

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – Rumah Anak Bumi, Dewan Pimpinan Kecamatan KNPI Parungpanjang, Koramil, PMI, Pramuka dan siswa-siswi Parungpanjang melakukan aksi grebek kali atau membersihkan kali di Desa Cibunar, Kecamatan Parungpanjang, untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) kemarin 24/2.

HPSN merupakan peringatan peristiwa bencana lingkungan akibat longsornya TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Leuwi Gajah, Bandung, pada 21 Februari 2005.

Ketua Rumah Anak Bumi, Ridwan Manatik, mengaku “sangat ingin” menyadarkan hati jiwa pemuda untuk peduli lingkunga.

“Sebetulnya sampah plastik ini masih menjadi masalah bagi kita, itulah konsen kita hari ini, kita mencoba memungut sampah-sampah plastik yang ada di sekitaran bantaran kali, karena banjir kemarin membawa sampah-sampah plastik yang tidak sedikit,” ujar Ridwan.

“Harapannya yang jelas bagaimana kita memberikan virus-virus kebaikan tentang lingkungan hidup, tentang kebersihan, agar hal ini, tidak hari ini saja, akan tetapi kedepannya menjadi PR kita semua, terutama generasi milenial yang harus peduli terhadap sampah-sampah plastik,” ucap Ridwan saat diawancarai kemarin.

Advertisement

Ketua DPK KNPI Parungpanjang Abdul Hakim mengapresiasi gagasan Rumah Anak Bumi ini, yang menurutnya sudah menggerakkan pemuda dan “sangat positif” agar generasi muda peduli terhadap lingkungan di era globalisasi ini.

Babinsa Desa Cibunar Peltu Abdullah juga turut mengapresiasi aksi ini.

“Pemuda adalah harapan bangsa, hal seperti ini harus dilestarikan dan dibudayakan karena ini adalah wujud dan tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk mencintai kebersihan, untuk mencintai lingkungan hidup, kalau ga kita siapa lagi, kalau ga sekarang kapan lagi?” tegas Peltu Abdullah.

Reporter: HSMY
Editor:HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: