BEM PTM Zona 3 Deklarasikan Fatwa Haram Berita Hoax

Foto bersama Wakil Kasatgas Nusantara Polri Brigjen Pol Fadil Imran, ketua umum DPP PGK dan presiden mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten (dok. KM)
Foto bersama Wakil Kasatgas Nusantara Polri Brigjen Pol Fadil Imran, ketua umum DPP PGK dan presiden mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten (dok. KM)

TANGERANG (KM) – Penyebaran Isu hoax dinilai sebagai “kejahatan yang terstruktur” dan alat “agitasi propaganda secara masif”, yang dikhawatirkan bisa mengancam semangat persatuan dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Hal tersebut disampaikan dalam pernyataan sikap Presidium Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah (BEM PTM) Zona 3 (DKI, Jawa Barat, dan Banten) yang disampaikan dalam kegiatan rapat koordinasi wilayah di kampus STTM Muhammadiyah Tangerang, Sabtu 23/2.

“Oleh karenanya kami sepakat mendeklarasikan fatwa haram terhadap berita hoax,” kata ketua Presidium, Iksan Awaludin.

Dalam kesempatan tersebut Iksan juga membacakan deklarasi fatwa haram terhadap hoax.

“Kami menyatakan sikap menentang segala bentuk hoax yang dapat merusak kedaulatan NKRI; mendukung Polri untuk menindak tegas segala pernyataan berita hoax atau palsu; kami menolak segala bentuk eksploitasi berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan berlatar belakang suku, ras, agama, dan antar golongan; kami menghimbau masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh agitasi propaganda isi berita hoax dan tidak mudah membagi informasi berita bohong kepada orang lain; supremasi hukum tidak boleh menjadi alat kekuasaan yang digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk membuat pernyataan palsu/hoax; Menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan media sosial secara bijak santun dan cerdas,” ungkapnya.

Reporter: Red
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*