KPU Pastikan 7 Kontainer Surat Suara Dari China yang Telah Dicoblos Adalah Hoaks, Minta Penyebar Ditindak Tegas

Jajaran KPU, Bawaslu dan Bea Cukai melakukan pengecekan terhadap kabar 7 kontainer berisi surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok Jakarta, 3/1/2019 (dok. KM)
Jajaran KPU, Bawaslu dan Bea Cukai melakukan pengecekan terhadap kabar 7 kontainer berisi surat suara yang sudah dicoblos di Tanjung Priok Jakarta, 3/1/2019 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Pesan Whatsapp berantai yang beredar baru-baru ini bahwa telah ditemukan 7 kontainer surat suara dari China yang telah dicoblos dipastikan adalah kabar bohong alias hoaks.

Sekitar pukul 20.05 WIB semalam 2/1, Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief mencuitkan kabar adanya 7 kontainer surat suara dalam kondisi sudah dicoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ketua KPU Arief Budiman bersama Bawaslu lalu memutuskan untuk mengecek kabar tersebut pagi ini 3/1/2019 dengan turun langsung ke Kantor Bea Cukai untuk memastikan kebenaran informasi 7 kontainer surat suara tercoblos, dan ternyata kabar tersebut tidak benar.

“Kami memastikan berdasarkan keterangan bea cukai tadi ada berita 7 kontainer tersebut dan tidak ada. Juga ada kabar bahwa ada TNI AL (marinir) yang menemukan itu, dan tidak benar KPU telah menyita satu kontainer tersebut. Jadi semua berita itu bohong,” tegasnya.

“Saya minta penyebar hoax ini agar segera ditangkap,” pintanya.

Arief juga memastikan pesan berantai yang tersebar di media sosial dan berbagai grup WA itu seluruhnya tidak benar.

“Malam ini KPU bersama Bawaslu melakukan pengecekan klarifikasi terhadap isu yang beredar terkait dengan adanya 7 kontainer dari China yang dikabarkan di dalamnya masing-masing 10 juta surat suara katanya sudah dibuka dan ada coblosannya nomor urut satu dan katanya sudah disita oleh KPU,” katanya.

Komisioner Bawaslu M. Afifudin juga telah mengecek secara langsung dokumen- dokumen terkait barang masuk di bea cukai dan hasilnya tidak ada 7 kontainer dari China yang berisi surat suara.

“Kami juga minta peyebar hoax ini ditindak tegas,” tegasnya.

Reporter: Red
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*