Cuaca Ekstrim Akibatkan Banjir dan Longsor Meluas, 650 Warga Kebumen Terdampak

Tanah longsor menutup jalan akses ke Wadaslintang, Kebumen, Rabu 16/1/2019 (dok. KM)
Tanah longsor menutup jalan akses ke Wadaslintang, Kebumen, Rabu 16/1/2019 (dok. KM)

KEBUMEN (KM) – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di kawasan Kebumen hingga hari Rabu 16/1 mengakibatkan sebagian wilayah terkena banjir, longsor dan terdampak pohon tumbang.

Tanggul jebol mengakibatkan banjir di Desa Wanareja RT 01 RW 02 Kecamatan Karanganyar. Tanggul jebol sepanjang 3 meter itu berdampak pada 7 rumah. Pohon kelapa tumbang juga mengenai 2 rumah. Tanggul jebol juga mengakibatkan genangan air terjadi antara lain di Desa Caruban dan Desa Arjosari Kecamatan Adimulyo.

Meluapnya Sungai Karanganyar juga menggenangi Desa Meles, Desa Karangkemiri dan Desa Plarangan. Banjir juga diakibatkan luapan Sungai Kedungbener di Desa Karang Pule, Kecamatan Sruweng. Banjir di seputaran Balai Desa Sidoagung mengakibatkan jalan tidak bisa dilewati sedangkan banjir juga terjadi di Dukuh Jonggol Desa Aditirto Kecamatan Pejagoan, depan RSU Purbowangi, Gombong.

Banjir juga terjadi akibat luapan sungai di Desa Demangsari Kecamatan Ayah yang menggenangi persawahan dan sebagian jalan raya. Luapan sungai di Desa Pasir Kecamatan Ayah memasuki rumah Kepala Desa Pasir sehingga perlu bantuan pembuatan talud sepanjang 300 meter. Luapan Sungai Adiraja juga menggenangi jalan raya di Desa Ayah Kecamatan Ayah.

Advertisement

Banjir yang terjadi di Desa Rangkah, Kecamatan Buayan sedikitnya merendam 3 pedukuhan.

Cuaca ekstrim mengakibatkan pohon tumbang di Desa Sidarum, Desa Gesikan, dan Desa Kalitengah. Pohon tumbang di RT 01 RW 06 Kalitengah mengakibatkan 2 warga menabrak pohon tersebut dan hingga berita ini diturunkan masih dirawat di RSU PKU Muhammadiyah Gombong akibat luka-luka. Pohon tumbang juga menimpa rumah warga di Kelurahan Jatiluhur Karanganyar, Desa Jatiroto Kecamatan Buayan, Desa Klegenrejo Kecamatan Klirong dan Desa Sukomulyo, Kecamatan Rowokele. Pohon tumbang juga menghalangi akses ke obyek wisata Pantai Logending Kecamatan Ayah.

Sementara itu tanah longsor meluas juga menimpa rumah warga dan menutupi akses jalan di beberapa tempat.

Halaman Markas Komando Distrik Militer 0709 Kebumen juga sempat terendam banjir. Air juga menggenang di dalam Ponpes Putri Sumolangu di Kebumen, sedangkan air juga menggerus Jalan di Kawedusan Kebumen tepatnya di depan Bengkel Dua Dara Kawedusan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa akibat dampak cuaca ekstrim ini.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: