BMKG: Gelombang Pasang di Selat Sunda Akibat Bumi, Bulan dan Matahari dalam Satu Garis Lurus

Kondisi lokasi sesaat setelah terjangan gelombang pasang di Anyer Banten, Minggu, 23/12/2018 pukul 00:30
Kondisi lokasi sesaat setelah terjangan gelombang pasang di Anyer Banten, Minggu, 23/12/2018 pukul 00:30

BANTEN (KM) – Gelombang pasang yang terjadi di pantai Anyer, pantai Carita, pantai Labuan, pantai Tanjunglesung hingga di Lampung terjadi karena fenomena bulan purnama, seperti dikatakan Kepala Pusat Data dan Informasi BMKG Sutopo Purwo Nugroho pada Sabtu 22/12.

“Saat air laut masuk ke hotel akibat gelombang pasang naik. Bulan purnama memang memicu naiknya tinggi muka air laut. Masyarakat mengira ada tsunami sehingga melakukan evakuasi ke perbukitan. Sekali lagi, tidak ada tsunami. Hanya gelombang laut naik,” katanya.

Namun, pagi ini Sutopo meralat pernyataannya itu dan menyatakan bahwa memang terjadi tsunami.

“Benar, ada tsunami yang menerjang pantai di Selat Sunda pada 22/12/2018, 20.27 WIB. Penyebab tsunami bukan gempabumi. Namun kemungkinan adanya longsor bawah laut pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau. Bersamaan dengan adanya gelombang pasang akibat bulan purnama,” kata Sutopo dalam akun Twitter nya.

Hingga kini dilaporkan sudah puluhan korban meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

“Laporan dari Tanjunglesung jumlah korban mencapai 100 orang, dari pantai di Banten jumlah korban meninggal dunia sejumlah 5 orang. Daftar nama korban sementara ini masih data atau diiidentifikasi” katanya.

“Kita sudah menghimbau masyarakat melalui kepala desa bahwa air pasang ini bukan tsunami. Rob ini karena pasang laut purnama (spring tide) dimana bumi, bulan dan matahari dalam satu garis lurus sehingga menyebabkan air pasang yang tinggi dan dan air akan surut yang dalam,” katanya.

“Untuk membantu warga juga akan didirikan posko pengungsian untuk menampung warga yang tidak memiliki tempat tinggal,” lanjutnya.

Reporter: Erha
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*