Polsek Bogor Barat Bekuk 3 Pelaku Penggelapan Mobil Rental, Amankan 28 Mobil

Kapolsek Bogor Barat Kompol Pahyuniati memperlihatkan barang bukti unit mobil rental yang digelapkan oleh sejumlah pelaku dengan modus menggadaikan untuk pinjaman uang, Jumat 9/11/2018 (dok. KM)
Kapolsek Bogor Barat Kompol Pahyuniati memperlihatkan barang bukti unit mobil rental yang digelapkan oleh sejumlah pelaku dengan modus menggadaikan untuk pinjaman uang, Jumat 9/11/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Polsek Bogor Barat, Polresta Bogor Kota, mengungkap perkara tindak pidana penipuan dan penggelapan mobil. Tiga pelaku sudah diamankan dan 28 unit mobil berbagai merk/jenis sebagai barang bukti disita. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Bogor Barat Kompol Pahyuniati pada konferensi pers di Mapolsek Bogor Barat pagi ini 9/11.

“Perkara tindak pidana penipuan dan penggelapan mobil yang berada di wilayah hukum Polsek Bogor Barat, saat ini sudah diamankan tiga pelaku yang berinisial AO, N, H alias A. Modus operandi dari para pelaku adalah menyewa mobil dari berbagai merk/jenis dari tiga rental mobil dan perorangan di  wilayah Kota Bogor sebanyak 49 unit mobil, dengan alasan untuk proyek Pemda Kabupaten Bogor dan salah satu LSM,” ungkap Kapolsek.

“Sudah tiga pelaku yang diamankan, serta barang bukti 28 unit mobil berbagai jenis yang disita dari berbagai daerah, serta kwitansi pembayaran,” lanjutnya.

Menurut Pahyuniati, kronologinya pada bulan Februari hingga Oktober 2018, pelaku A menyewa 8 unit mobil dari “Melehoy Cuy Rental”, kemudian menyewa kembali 22 unit dari “Ruli Rental”, dan menyewa kembali sebanyak 19 unit dari “Aji Rental”.

“Pada hari Minggu 21 Oktober 2018 pemilik rental dan pemilik mobil melaporkan A ke Polsek Bogor Barat. Setelah menerima laporan, saudara A diamankan selanjutnya dimintai keterangan dan pemeriksaan,” terangnya.

“Pelaku A mengakui perbuatannya telah menyewa berbagai jenis mobil yang selanjutnya digadaikan dan dijadikan jaminan atas pinjaman uang,” jelas Kapolsek.

“Berdasarkan pengembangan Kepolisian, pelaku tersangka N mengakui telah menerima 40 unit mobil dari pelaku A dan dijadikan jaminan atas pinjaman uang. Pelaku H alias A sebanyak 7 unit mobil dari pelaku A, dengan hal yang sama jaminan atas pinjaman uang,” ujar Kapolsek.

Kata Kapolsek, kerugian ditaksir sekitar Rp. 3.210.000.000. “Kasus ini masih terus dalam pengembangan, tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru,” katanya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*