MPB Akan Kawal Kasus Dugaan Penyimpangan DD di Desa Pabangbon Leuwiliang “Sampai Tuntas”

Pembangunan jalan lingkungan di Desa Pabangbon, Leuwiliang, dilaksanakan dengan swadaya warga (dok. KM)
Pembangunan jalan lingkungan di Desa Pabangbon, Leuwiliang, dilaksanakan dengan swadaya warga (dok. KM)

BOGOR (KM) – Koordinator Masyarakat Pejuang Bogor (MPB), Atiek Yulis Setyowati, angkat bicara terkait dugaan penyimpangan dana desa (DD) yang dilakukan Kepala Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Desa itu menerima DD dengan total anggaran di tahun 2018 sebesar Rp1.185.188.275 yang diterima dalam tiga tahap.

Menurutnya, jika terbukti ada yang mengemplang anggaran dana desa (DD) dari pemerintah, MPB akan kawal kasusnya sampai tuntas. “Biar ada efek jera di semua desa dan oknumnya harus dibikin jera, tidak ada kata 86,” ujar Atiek.

“Sebaiknya pihak berwenang, khususnya Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor segera membuka penyelidikan [terhadap] proyek tersebut, karena selain berpotensi merugikan keuangan negara, proyek jalan lingkungan tersebut menyangkut kepentingan masyarakat setempat,” ungkapnya kepada awak media siang ini 4/11.

Dugaan penyimpangan DD di Desa Pabangbon diungkapkan oleh warga setempat dalam surat pernyataan yang diterima KM kemarin.

Hal serupa juga dicurigai warga Kampung Cilanglubang RT01 RW03, Desa Pabangbon.

“Sebagai ketua RT saya menerima semen sebanyak 175 sak dan untuk batu dan pasir kami disuruh sediakan sendiri [untuk bangun jalan]… dengan panjang 350 meter lebar 80 cm ketebalan 8 cm tapi kami tidak berdaya untuk membuatnya, karena kami hanya mendapatkan semen saja,” terang ketua RT setempat.

Reporter : Deva
Editor : HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*