“Kampung Sehat Jasindo” Gelar Baksos Kesehatan dan Pameran UKM di Citeureup

(dok. KM)
(dok. KM)

BOGOR (KM) – “Kampung Sehat Jasindo” yang dipelopori PT. Jasa Asuransi Indonesia (PT. Jasindo) bersama Yayasan Inspirasi Anak Bangsa mengadakan kegiatan bakti sosial pemeriksaan dan pengobatan kesehatan, pameran UKM disertai bersih-bersih lingkungan dan pengecatan kampung, Rabu 28/11.

“Kegiatan sekarang ini di wilayah yang sudah menjadi binaan Kampung Jasindo, yang meliputi RW 04, RW 05 dan RW 06 Desa Citeureup Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor,” ungkap Direktur Keuangan dan Investasi PT. Jasindo, Didit Metha kepada awak media.

“Dengan jumlah penduduk kurang lebih 6.000 jiwa berlokasi di Desa Citeureup Kecamatan Citeureup, sebagian warganya adalah janda dan anak yatim. Inilah satu satu dasar menjadikan Desa Citeureup sebagai desa binaan,” lanjutnya.

“Sebelumnya warga banyak mengeluhkan soal kesehatan, diantaranya penyakit ISPA, TBC, katarak mata, permasalahan gizi keluarga dan lain sebagainya. Tentu saja hal-hal tersebut disebabkan banyak faktor seperti lokasi warga yang di dekat pabrik semen, kurangnya motivasi dan ilmu dalam menjaga kesehatan tempat tinggal, dan juga tentunya faktor ekonomi yang cukup sulit,” terang Didit.

“Pada tahun pertama Kampung Sehat Jasindo 2015 lalu, sebagai tahap perintisan diperoleh hasil kegiatan pengobatan kesehatan yang dilaksanakan secara berkala. Pada tahun 2016 kegiatan pengobatan kesehatan umum, gigi dan home visit dilanjutkan. Kami juga mulai memberikan pelatihan dasar UKM, pembuatan barang-barang yang bernilai jual dari koran bekas, pada tahun ini juga dilakukan pelatihan pengelolaan lingkungan,” papar Didit

Untuk tahun 2018, lanjut Didit, Kampung Sehat Jasindo berfokus pada kemandirian ekonomi masyarakat, pemberian berupa “Rumah Internet Jasindo” dan pelatihan penggunaan media online sebagai bentuk marketing produk yang dinilai sangat membantu dalam meningkatkan omset perjualan.

“Para kader juga secara aktif memberikan layanan kesehatan dasar pada masyarakat di 3 RW, berupa pengecekan tekanan darah dan juga tes darah sewaktu,” pungkasnya.

Reporter: Rio, ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*