“Hari Cinta Puspa dan Satwa”, Pemkab Kebumen Ingin Para Guru dan Orang Tua Tanamkan Rasa Cinta Terhadap Flora dan Fauna Indonesia

Foto bersama Wakil Bupati Yazid Mahfudz pada Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Kebumen di Jembangan Poncowarno pada hari Selasa, 27/11/2018
Foto bersama Wakil Bupati Yazid Mahfudz pada Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Kebumen di Jembangan Poncowarno pada hari Selasa, 27/11/2018

KEBUMEN (KM) – Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Kebumen dilaksanakan di kawasan wisata Jembangan Poncowarno dengan tema “Selamatkan Puspa dan Satwa Indonesia” pada hari Selasa, 27/11.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penanaman 26 ribu bibit pohon di kawasan wisata Jembangan Poncowarno, Gerakan Pungut Sampah, pelepasan burung dan pelepasan benih ikan.

Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengatakan, kegiatan ini adalah upaya positif untuk pelestarian lingkungan.

“Kami menyambut baik kegiatan ini untuk mengingatkan kesadaran, pengetahuan, kepedulian dan perlindungan kelestarian tumbuhan dan binatang. Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Kabupaten Kebumen tahun 2018 ini dengan tema Selamatkan Puspa dan Satwa Indonesia,” katanya.

“Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keanekaragaman hayati paling banyak di dunia. 10% tanaman berbunga, 12% hewan mamalia dan 17% reptil dari populasi dunia tersebut berada di Indonesia. Termasuk keberadaan keanekaragaman terumbu karang Indonesia yang termasuk terbesar di dunia,” lanjutnya.

Advertisement

“Menghimbau kepala sekolah, guru dan orang tua untuk menanamkan rasa cinta terhadap flora dan satwa,” pesannya.

Ketua Panitia penyelenggara yang juga Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Edi Rianto mengatakan pelestarian ini melibatkan berbagai pihak.

“Ini merupakan upaya pemerintah dari untuk meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat dalam dalam upaya pelestarian lingkungan, tanaman dan satwa dimana kebgiatan ini dengan diikuti lebih dari 400 peserta dari perwakilan siswa- siswi, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), berbagai komunitas, pelestari satwa dan masyarakat umum,” katanya.

“Untuk kali ini 200 bibit pohon dari dinas sudah disiapkan dan 1.200 bibit pohon dari pelanggan PDAM. Jadi yang ada di Poncowarno berjumlah ada 1400 bibit pohon yang ditanam hari ini. Untuk Kebumen bulan ini dan bulan depan kemungkinan kan ada 177.400 bibit,” jelasnya.

Reporter: Evie
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: