“Rumah KPK” Sosialisasikan Perawatan Alam Melalui Kesenian

Danrem Kolonel Inf Mohamad Hasan foto bersama dengan anggota Rumah Kreatif Penghuni Kolong (dok. KM)
Danrem Kolonel Inf Mohamad Hasan foto bersama dengan anggota Rumah Kreatif Penghuni Kolong (dok. KM)

BOGOR (KM) – Menyambut milangkala (HUT) nya yang kelima, Rumah Kreatif Penghuni Kolong (KPK) Kota Bogor mensosialisasikan penjagaan dan perawatan alam dengan kesenian, di Taman Kencana, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (14/10/2018).

Tampak Danrem 061/SK Kolonel Inf Mohamad Hasan turut hadir, dan menjeaskan bahwa Rumah KPK merupakan bagian dari program “Relawan Bela Alam” dari Korem. “Saya hadir karena memang ini bagian kegiatan Relawan Bela Alam Korem 061/SK, membentuk Rumah KPK bagian dari relawan,” jelasnya di sela acara.

“Acara ini difokuskan kepada kegiatan-kegiatan budaya dan alam, seperti bermain Karinding, Pencak Silat dan juga yang lebih luas lagi mereka banyak mengingatkan kembali menjaga alam dan merawat alam. Alat musik Karinding tadi kan lirik-lirik nya kembali ke alam semua, minimal mengingatkan kan kita ini agar tidak membuang sampah sembarangan jadi melalui kreasi ini mereka menggugah kepada masyarakat agar berbuat seperti itu,” ungkap Danrem.

“Khususnya Kota Bogor, acara ini mengedukasi masyarakat sekitar bagaimana memelihara alam. Berbuat dari hal kecil, sekecil apapun peranan kita tapi bermanfaat untuk orang lain ya kita kembangkan.”

“Ya kita sudah beberapa kali dipanggil ke Jakarta untuk mengolah masalah sampah yang ada di hulu Ciliwung. Mereka-mereka ini yang memberikan masukan kepada saya, bagaimana sampah yang terjadi di hulu sungai itu pokoknya dari hulu sana, sampai hilir menjadi tanggung jawab kita, mudah-mudahan menjadi program nasional Ciliwung ini,” ujarnya.

Sementara itu aktivis pecinta alam Eko Wiwid mengungkapkan apresiasinya kepada komunitas KPK. “Kita sebagai salah satu relawan bela alam yang membawahi anggota yang berada di Kota Bogor. Mereka fokusnya di Kota maka rumah kreatif ini menjadi corong mengkampanyekan tentang lingkungan,” ungkapnya.

“KPK ini kan berada di relawan bela alam, tugas mereka itu kesenian yang menyampaikan tentang lingkungan. Acara ini melibatkan sekitar 10 komunitas, relawan ini bukan hanya untuk komunitas tapi siapapun dan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Reporter: Rio
Editr: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*