PDAM Kabupaten Bogor Rencanakan Pemasangan Pipa Dengan Metode “HDD”

Pipa distribusi Puspa Raya PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang terputus (dok. KM)
Pipa distribusi Puspa Raya PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang terputus (dok. KM)

BOGOR (KM) – Setelah terputusnya jembatan pipa distribusi Puspa Raya DN 400mm dan DN 250mm arah Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (13/9) lalu, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor memasang pipa HDPE sementara di trotoar jembatan yang sudah dikoordinasikan dengan pihak PUPR untuk antisipasi pasokan air kepada masyarakat.

Humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Agus mengatakan bahwa pasca putusnya jembatan pipa distribusi Puspa Raya DN 400mm dan DN 250mm arah Kecamatan Bojonggede, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sudah merencanakan penyambungan pipa lagi.

“Ya kali ini perencanaannya dengan metode Horizontal Directional Drilling (HDD). Teknik ini beda dengan biasanya yang membongkar banyak bagian jalan untuk pemasangan pipa baru. Sedangkan HDD tidak demikian,” terang Agus kepada wartawan beberapa waktu lalu.

“Kita akan memasang pipa melintasi sungai Ciliwung, sekitar 3 meter di dasar sungai. Sebelum membahas anggaran untuk metode HDD ini, untuk tahapan sekarang yang sudah dilakukan PDAM Tirta Kahuripan, baru tahap uji coba kekerasan tanah di dasar sungai yang dilakukan oleh tim ahli didampingi oleh pihak PDAM,” tuturnya.

Saat ditanya oleh wartawan siapa yang melakukan uji coba kekerasan tersebut, Agus mengatakan tidak mengetahui secara pasti.

“Saya tidak tahu secara pasti yang melakukan uji coba, yang pasti alat untuk uji coba kekerasan belum ada di PDAM, berarti mungkin dari eksternal didampingi oleh pihak PDAM,” kata Agus.

Menurutnya, hasil dari uji coba kekerasan tanah tersebut, sudah layak untuk dilakukan metode HDD.

“Dari hasil uji coba kekerasan tersebut, maka pada 2019 yang akan datang akan dianggarkan untuk pelaksanaan metode HDD tersebut,” pungkasnya.

Reporter: ddy, Rio
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*