Komisi Informasi Babel: “PLTU Air Anyir Wajib Pasang Plang Proyek Pada Pekerjaan Talud dan Peningkatan Jalan”

Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Babel, Eko Tejo Marvianto (istimewa)
Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Babel, Eko Tejo Marvianto (istimewa)

BANGKA (KM) – Pekerjaan tanpa memasang papan plang proyek melanggar UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Kondisi tersebut tampak pada pekerjaan peningkatan jalan dan pembangunan talud yang diduga milik BUMD PLTU Babel di Desa Air Anyir, Kecamatan Batu Rusa, Kabupaten Bangka.

Menanggapi kenyataan tersebut, Ketua LSM FORASDA Babel, Maulana, Sabtu (20/10) mengatakan, “kalau pekerjaan yang menggunakan anggaran Negara (Pemerintah) semestinya wajib memasang plang nama proyek, biar masyarakat tahu demi keterbukaan informasi publik, sebab ini bukan pembangunan pribadi.”

Hal yang sama juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Babel, Eko Tejo Marvianto, ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Menurutnya, UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menerangkan dalam Pasal 1 ayat 3 apa itu badan publik, termasuk BUMD/BUMN yang sumber keuangan dari APBD/APBN dan badan publik non pemerintah yang keuangan bersumber dari APBD/APBN dan atau sumbangan masyarakat dan bantuan luar negeri. Pasal 14 juga memaparkan kewajiban BUMN/BUMD menyampaikan informasi publik.

“Jadi sudah merupakan kewajiban pihak yang membangun menyampaikan informasi proyek ini ke masyarakat karena sumber keuangan/anggarannya berasal dari APBD/APBN, untuk memasang papan proyek, sesuai informasi berkala pasal 9 UU 14 thn 2008,” terang Eko.

Sementara itu, pengawas proyek dari pihak pemborong, Joni, ketika ditanya mengenai keberadaan papan proyek, enggan memberi keterangan.

Sementara itu pihak Dinas PUPR dan Perhubungan Kabupaten Bangka melalui Sekretaris PU, Tari, mengungkapkan bahwa pengerjaan peningkatan jalan dan pembangunan Talud itu merupakan kawasan jalan pemerintah Kabupaten Bangka “Semestinya pihak PLTU Air Anyir harus memberitahukan pada kami tentang pekerjaan ini,” ungkap Tari.

Reporter: Robi Karnito
Editor: HJA

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Pengawas Proyek Jalan Akses PLTU 3 Babel Klaim Sudah Layangkan Surat Pemberitahuan Kepada Instansi Terkait – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*