Serahkan Jabatan Kepada Teguh Wibowo, Kalapas Paledang Berbagi Pengalamannya Tingkatkan Inovasi di Lapas

Serah terima jabatan dan pisah sambut Kalapas IIA Paledang Kota Bogor, Rabu 19/9/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Serah terima jabatan dan pisah sambut Kepala Lapas Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Paledang Kota Bogor dari Gunawan Sutrinasdi kepada Teguh Wibowo dilangsungkan di aula Graha Sahardjo Lapas Kelas IIA di Jalan Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (19/9/2018).

Gunawan menceritakan pengalaman ketika dirinya menjabat sebagai Kalapas kelas IIA Paledang Kota Bogor. Menurutnya, ada beberapa hal yang dilakukan mulai dari pelayanan publik.

“Kantin jempol bebas dari peredaran uang, terus layanan service kita punya mesin untuk warga binaan kapan dia bebas kapan dia remisi kapan dia dapat bebas bersyarat dimaksudkan agar tidak ada lagi komunikasi dengan petugas,” katanya di hadapan awak media, Rabu (19/9).

“Jadi mesin itu yang bicara dengan sidik jari langsung bisa terlihat hak dan kewajibannya, ini satu inovasi yang diterapkan agar bisa memberikan pelayanan terbaik terhadap warga binaan,” tambahnya.

Kemudian, dirinya menuturkan hari ini warga binaan di Lapas Kelas IIA ada 989 orang. “Ya saya kira over kapasitas, semua lapas mengalami over kapasitas jadi tidak hanya lapas Paledang. Tapi hal-hal yang kita lakukan pembebasan bersyarat dan percepatan cuti bersyarat dan kita memberikan hak-hak remisi dengan baik dan dengan cepat ini tidak lain adalah untuk mengurangi masa pidananya,” tuturnya.

Dengan demikian, dirinya percaya dengan seniornya itu, yakni Teguh Wibowo. Menurutnya, penggantinya itu bisa meneruskan dan bisa menciptakan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan diterapkan di Lapas Paledang. Dirinya mengungkapkan bahwa Teguh Wibowo sudah berpengalaman.

“Bahkan di Metro Lampung beliau memimpin sudah menerapkan wilayah bebas korupsi. Tentunya pengalaman-pengalaman di sana bisa diterapkan di sini yang baiknya dan juga situasi dan kondisi yang ada di lapas Paledang Bogor ini,” ungkap Gunawan.

Sementara itu, sebagai penerima jabatan Kepala Lapas Paledang, Teguh Wibowo memaparkan bahwa dirinya akan melanjutkan apa yang diawali oleh mantan Kalapas Gunawan Sutrinasdi. Untuk meneruskan jabatan tersebut dirinya akan terlebih dahulu melakukan pemetaan terlebih dahulu di Lapas tersebut.

“Saya rasa ini sudah cukup baik, saya di sini kan orang baru, mudah-mudahan apa yang dikerjakan pak Gunawan kita akan lanjutkan. Saya rasa pak Gunawan cukup luar biasa mudah-mudahan saya bisa mengikuti, karena saya orang baru, saya mohon kerjasamanya,” pungkasnya.

Reporter: Rio/ddy
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*