Betonisasi Jaling di Desa Parakan Ciomas Manfaatkan DD, Dikerjakan dengan Gotong Royong

Pembangunan jalan di Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Bogor (dok. KM)
Pembangunan jalan di Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Bogor (dok. KM)

BOGOR (KM) – Betonisasi jalan desa di Desa Parakan, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, yang dikerjakan di Kampung Gang Buntu RT 02 RW 07 Desa Parakan memanfaatkan anggaran dari Dana Desa (DD) tahap kedua sebesar Rp179.321.562.

Ketua pelaksana pekerjaan, Japuh, mengatakan bahwa betonisasi jaling ini dikerjakan dengan volume panjang 400m dan lebar 2,5m. “Kegiatan pekerjaan ini dengan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dan masyarakat, baik tingkat RT maupun RW, sehingga pekerjaannya sangat bermanfaat untuk masyarakat,” ungkapnya kepada awak media Rabu 19/09/2018.

“Ya pengerjaan betonisasi, sepenuhnya dikerjakan secara gotong royong melalui program padat karya, sesuai anjuran dari Pemerintah Daerah (Perda) maupun Pemerintah Pusat yang tertuang melalui Peraturan Pemerintah dan Peraturan Bupati. Salah satunya menyebutkan bahwa pembangunan jalan desa dengan anggaran DD harus menggunakan proyek program padat karya,” ujarnya.

Japuh menuturkan, “pengerjaan ini juga mendapat perhatian lebih dari Kepala Desa setempat dibantu para staf maupun Babhinkamtibmas serta RT dan RW yang ikut mengawasi jalannya pembangunan jalan ini,” tuturnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Parakan Itoh Masitoh menghimbau kepada warga yang bekerja agar pengecoran jalan ini memiliki kualitas dan volume yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, dan tidak asal-asalan mengerjakannya.

Selain itu, Kades juga meminta kerjasamanya kepada masyarakat setempat untuk bisa bersama-sama merawat jalan tersebut kedepannya, agar terus terjaga dari kerusakan.

“Semua pengerjaan ini menggunakan DD termin kedua tahun 2018. Karena itu, saya berharap dengan akses jalan yang sudah layak bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh warga setempat, khususnya untuk meningkatkan sektor perekonomian,” ucap Kades.

Reporter: Budi, marno
Ediotr: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*