Bang Japar Depok Salurkan 3 Ton Logistik dan Dana Hasil Penggalangan Donasi Peduli Lombok

Foto bersama warga Lombok usai menerima bantuan dari relawan Bang Japar (dok. KM)
Foto bersama warga Lombok usai menerima bantuan dari relawan Bang Japar (dok. KM)

DEPOK (KM) – Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Komando Wilayah (Komwil) Depok menggelar aksi BJP Peduli Lombok sebagai wujud kepedulian bersama terhadap warga masyarakat yang terkena musibah bencana gempa Lombok.

Aksi peduli Lombok tersebut sudah mulai dilakukan sejak terjadinya gempa yang menelan banyak korban jiwa. Pada tanggal 3-9 September 2018 lalu, beberapa aktivis pun langsung terjun ke beberapa lokasi bencana yang ada di Desa Pamenang, Kecamatan Bayat, Lombok Utara, dan beberapa lokasi di wilayah Lombok Timur dengan membagikan langsung hasil penggalangan dana puluhan juta rupiah serta 3 ton logistik berupa pakaian baru dan layak pakai, sembako, selimut, dan terpal

“Total bantuan dana yang sudah kami salurkan baik dari sebelum keberangkatan hingga berada di lokasi sekitar 100 jutaan, donasi kami peroleh dari PPA Bogor berupa pakaian dan dana, Bang Japar Bekasi sekitar 30 jutaan lebih, Bang Japar wilayah timur, juga dari donatur perorangan lainnya yang langsung japri ke Ummi dari Samarinda, Makasar, Lampung, Cirebon, dan majlis taklim,” jelas Ummi Yani, Ketua Bang Japar Komwil Depok yang turut terjun langsung ke lokasi bencana saat ditemui kupasmerdeka.com di kediamannya usai kembali dari Lombok, kemarin 12/9.

Dapur Umum Bang Japar di lokasi bencana gempa Lombok (dok. KM)

Dapur Umum Bang Japar di lokasi bencana gempa Lombok (dok. KM)

Menurut Ummi, masih banyak warga masyarakat yang belum mendapatkan bantuan yang memadai karena terkendala lokasi yang sangat sulit dijangkau. “Ini harus ada kerjasama berkelanjutan dari semua pihak, jangan hanya di awal-awal saja kita peduli, karena Ummi lihat, di sana sudah banyak relawan yang sudah meninggalkan lokasi bencana, bantuan juga mulai menghilang, sementara saudara kita masih membutuhkan banyak sekali bantuan baik dalam bentuk materi dan non materi,” terang Ummi Yani.

“Insya Allah Bang Japar Depok akan terus menggalang bantuan hingga 1 tahun kedepan, kemarin kami selama seminggu sudah sampaikan bantuan langsung ke lokasi bencana, dan Insyaa Allah bulan depan kami akan kembali lagi dengan membawa bantuan yang sedang terus kami galang untuk saudara-saudara kita di Lombok sekaligus menggelar acara dzikir akbar,” jelasnya lagi.

“Minimal dari program peduli Lombok yang kami canangkan ini, bisa membantu beberapa persen saudara-saudara kita yang tertimpa bencana. Dan mudah-mudahan kejadian ini juga bisa menjadi introspeksi buat kita semua, agar lebih banyak beristighfar, bertaubat dan meninggalkan kemaksiatan “, pungkas Ummi Yani.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*