Komnas Anak: “Joni Patriot Anak Indonesia!”

Johannes Gamal Marshall alias Joni, siswa SMP Silaean Kota Atambua NTT bertolak ke Jakarta (dok. KM)
Johannes Gamal Marshall alias Joni, siswa SMP Silaean Kota Atambua NTT bertolak ke Jakarta (dok. KM)

LOMBOK (KM) – Komisi Nasional Perlindungan Anak memberikan apresiasi kepada Johannes Gamal Marshall alias Joni, siswa SMP Silaean Kota Atambua NTT yang terekam dalam video viral melakukan aksi heroik menyelamatkan pengibaran bendera dengan cara memanjat tiang bendera secara spontan pada pelaksanaan pengibaran bendera peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 oleh Pemerintah Atambua di pos PLBN-RDTL, 17 Agustus 2018.

“Aksi yang dilakukan Joni menunjukkan kepada dunia martabat bangsa Indonesia,” kata Arist Merdeka Sirait, Ketua Umum Komnas Anak kepada media siang ini 19/8.

“Di hadapan negara sahabat Timor Leste dan pejabat tinggi TNI, Joni telah menjadi anak yang heroik, jenius yang patut menjadi contoh bagi anak-anak Indonesia lainnya,” kata Arist.

“Joni juga dapat menjadi simbol partisipasi hak anak untuk menyuarakan nilai-nilai kebangsaan, kemajemukan, solidaritas serta pluralisme sebagai pejuang anak. Komnas PA juga akan menjadikan Joni sebagai Duta Patriotisme Anak dan Penegak Nilai-Nilai Kebangsaan,” tuturnya.

“Dalam rangka malam penganugerahan, Komnas Perlindungan Anak Award Oktober tahun 2018 akan memberikan award kepada Joni dalam kategori patriotisme Anak Indonesia dari 10 penerima Award Komnas Anak dari berbagai kategori,” jelas Arist di Lombok, Minggu 19/08 setelah mengunjungi beberapa lokasi pengungsian anak-anak korban bencana gempa Lombok.

Reporter: Marsono Rh
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*