Kasatpol PP Kota Bogor: “Pengawasan Bangunan yang Miliki IMB Kewenangan Disperumkim”

Pembangunan showroom dan bengkel di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Bogor, yang diduga melanggar IMB nya (dok. KM)
Pembangunan showroom dan bengkel di Jl. Jenderal Sudirman, Kota Bogor, yang diduga melanggar IMB nya (dok. KM)

BOGOR (KM) – Pengawasan terhadap bangunan dan gedung baru menjadi kewenangan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Diperumkim) Kota Bogor, dengan catatan apabila bangunan atau gedung baru tersebut telah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Satpol PP Kota Bogor Herri Karnadi, terkait dengan keberadaan pembangunan bakal showroom dan bengkel mobil yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman RT 04/RW 01 Kelurahan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor yang diduga melanggar IMB nya.

“Kalau bangunan itu sudah ada IMB-nya, maka kontruksinya itu menjadi pengawasan Disperumkim. Dia (Disperumkim) yang mengecek fisik dan perizinannya,” ungkap Herri kepada awak media, Kamis 23/08/2018.

Herri menuturkan, “bila ternyata ada temuan atau indikasi pelanggaran di sana, maka Disperumkim harus membuat laporannya kepada Satpol PP. Sebab merekalah yang paling bertanggung jawab.”

“Kalau memang pelanggarannya itu pada peruntukkannya, baru itu kewenangan Satpol PP dan itu akan langsung kita hentikan. Bahkan memang bila perlu akan disegel langsung,” tegas Herri.

Namun demikian, lanjut Herri, Satpol PP harus menerima berkas laporan pelanggarannya dari Disperumkim sebelum melaksanakan tindakan poliosional. “Tapi tetap pengawasannya itu adanya di Disperumkim,” pungkasnya.

Reporter: ddy07/Rio
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*