Proyek Pembangunan Jalan Sejajar SS Jaka Setia-Pekayon Abaikan K3, Pekerja Pakai Topi, Bukan Helm

Pembangunan Jalan Sejajar SS Jaka Setia-Pekayon Bekasi Selatan, dimana para pekerja diduga mengabaikan keselamatan kerja (dok. KM)
Pembangunan Jalan Sejajar SS Jaka Setia-Pekayon Bekasi Selatan, dimana para pekerja diduga mengabaikan keselamatan kerja (dok. KM)

BEKASI (KM) – Pekerjaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bekasi sudah ditentukan pemenangnya, dan ada beberapa proyek yang sudah berjalan. Salah satunya kegiatan lanjutan pembangunan Jalan Sejajar SS Jaka Setia – Pekayon, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Pembangunan tersebut dikerjakan oleh PT. Soko Daya Mandiri dengan No. SPK 602.1/05/SPMK.15.4/DBMSDA dan anggaran Rp7.209.782.000 bersumber dari APBD Kota Bekasi tahun 2018.

Saat memantau ke lokasi kegiatan tersebut, awak media KM menemukan pihak pekerja telah mengabaikan sejumlah faktor keselamatan kerja. Salah satunya tidak memakainya pelindung kepala atau helm. Selain itu, warga setempat juga mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu, ada pekerja yang terjatuh di lokasi pekerjaan.

Terpisah, pelaksana teknis (peltek) Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Bidang Bina Marga, Ronal, mengatakan, “dipakai tiap hari bang, mungkin itu kenek truk kali ya, bukan pekerja kita. Tapi nanti saya peringati lagi bang,” kata Ronal.

Advertisement

“Dan sudah sering kita peringati masalah K3 bang. Tapi itu ternyata helmnya diganti topi ya bang,” lanjutnya.

Ketua Komunitas Peduli Bekasi, Yanto, menjelaskan bahwa resiko kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, kesadaran mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi sangat diperlukan. “Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 mengatur dengan jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja,” paparnya.

Reporter: Mon/Den
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d bloggers like this: