Sampah Busuk “Hiasi” Pemandangan Sepanjang Jalan Bojong Gede-Cilebut

Tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang jalan Bojong Gede-Cilebut (dok. KM)
Tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang jalan Bojong Gede-Cilebut (dok. KM)

BOGOR (KM) – Tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan sampai ke ruas jalan raya dibiarkan begitu saja, mengundang aroma yang tidak sedap bagi pengendara dan pejalan kaki yang melintas di jalan raya tersebut, tepatnya di Desa Waringin Jaya, Kabupaten Bogor. Adanya tumpukan sampah rumahan itu dianggap sudah sangat mengganggu bagi para pejalan kaki dan pengendara yang melintas di areal jalan raya arah Cilebut-Bojong Gede.

Menurut salah satu pengendara roda dua Dewi (42) saat ditemui KM di lokasi Rabu (6/6/2018), dirinya tidak tahu sampah tersebut sumbernya dari mana.

“Yang jelas warga yang sangat tidak peduli dengan lingkungannya dan tidak bertanggung jawab membuang di sembarangan tempat. Ini kan jalan raya, kenapa dijadikan tempat pembuangan sampah ya?” ujarnya.

Menurutnya, baik warga maupun aparat pemerintahan bertanggungjawab atas kondisi tersebut.

“Di sinilah warga setempat yang berdekatan dengan lokasi tersebut harus memantau ketika ada warga yang lain membuang di sembarang tempat harus ditegur dan diberi kejeraan, agar warga sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.”

“Mungkin ini sudah lama juga tumpukan sampah yang semakin menggunung dibiarkan begitu saja dan aparat Desa serta warga tidak ada kepedulian untuk memberi efek jera terhadap yang membuang sampah di sembarang tempat,” kata Dewi kepada KM.

“Seharusnya warga dan perangkat Desa bisa bersinergi untuk peduli terhadap sampah, mengingat adanya hal seperti itu sangat mengganggu dan berbahaya bagi kesehatan, terutama lokasi pemukiman yang berdekatan di tumpukan sampah tersebut, pengendara yang melintas, sehingga tersebar akan penyakit, sebab baunya pun sudah tidak sedap dan berbau busuk sekali,” ketusnya.

Reporter: Man
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*