KUPAS KOLOM: Mencatat Janji Pilkada Jawa Barat Tentang Prioritas Pemekaran Wilayah Kabupaten Bekasi

Logo Kabupaten Bekasi (stock)
Logo Kabupaten Bekasi (stock)

Oleh Adri Zulpianto*

Kabupaten Bekasi bagian utara menjadi sorotan utama bagi para calon Gubernur Jawa Barat, dengan kumuhnya daerah di wilayah tersebut, infrastruktur yang tidak terjamah pemerintah pun menjadi satu alasan utama bagi warga masyarakat untuk mendesak pemekaran di wilayah tersebut.

Wilayah bagian utara Kabupaten Bekasi acapkali mendapat penilaian sebagai daerah tertinggal dan kumuh, karena memang tidak ada fasilitas yang memadai, pelayanan publik yang tidak tertata, serta jauhnya pantauan dari pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi harus menjadi tolok ukur bagi terselenggaranya pemekaran Kabupaten Bekasi.

Wilayah dengan minimnya pembangunan infrastruktur tersebut seringkali terabaikan, dan pemberdayaan manusia yang minim, dan sarana pendidikan yang tidak memadai menjadikan wilayah utara Kabupaten Bekasi menjadi keadaan sosial yang rumit.

Hampir seluruh jalan di wilayah utara Kabupaten Bekasi rusak parah tanpa perbaikan, tidak adanya fasilitas pembuangan sampah, tidak adanya perbaikan saluran irigasi, dan truk sampah yang lalu lalang di wilayah tersebut, menjadikan wilayah utara Kabupaten Bekasi semakin bertambah kumuh.

Advertisement

Mendapatkan predikat sebagai wilayah tertinggal dan kumuh pada tahun 2017 menjadi bukti kegagalan pemerintah Kabupaten Bekasi di bawah kepemimpinan Neneng Hasanah Yasin yang telah menjabat selama 2 periode, akan tetapi, hingga kuartal pertama 2018, perbaikan sumberdaya manusia serta perbaikan infrastruktur di wilayah Kabupaten Bekasi tidak kunjung terlihat.

Kini, memasuki masa Pilkada serentak yang akan diadakan bulan Juli mendatang, para pasangan calon gubernur mengumbar janji tentang pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Barat, terutama di wilayah utara Kabupaten Bekasi yang keadaanya sangat memperihatinkan. Pasangan calon Ridawan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum dengan tegas berjanji akan memprioritaskan pemekaran di wilyah utara Kabupaten Bekasi.

Wilayah di bagian utara Kabupaten Bekasi tersebut ialah Muaragembong, Cabangbungin, Pebayuran, Kedung Waringin, Karang Bahagia, Sukatani, Tambelang, Sukawangi, Babelan, Sukakarya dan Tarumajaya.

*Direktur Lembaga Kaki Publik
(Kajian dan Analisa Keterbukaan Informasi Publik)

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*