Ditanyakan Soal Sampah yang Menggunung di Sebelah Sekolah, Camat Beji Malah Paparkan “Program Unggulan” Pemkot Depok

Camat Beji Kota Depok, H. Ues Suryadi
Camat Beji Kota Depok, H. Ues Suryadi (dok. KM)

DEPOK (KM) – Persoalan sampah yang ada di Kota Depok, terutama di daerah lingkungan padat penduduk, belum sepenuhnya bisa terjamah. Salah satu masalah yang cukup mencolok adalah tumpukan sampah di sebelah SDN Kemiri Muka 2, yang bahkan mengganggu kenyamanan anak-anak sekolah.

Tumpukan sampah di lahan samping SDN Kemiri Muka 2 (dok. KM)

Tumpukan sampah di lahan samping SDN Kemiri Muka 2 (dok. KM)

Pihak sekolah mengaku sudah sejak lama dan beberapa kali mengusulkan agar sampah ini tidak ditumpuk di sebelah sekolah, namun sampai hari ini belum ada tindak lanjut dari pihak terkait.

Hal itu diakui Camat Beji Ues Suryadi. “Terus terang masalah sampah ini tidak hanya urusan lurah dan camat saja, ini merupakan tugas kita semua, karena program unggulan Kota Depok itu adalah zero waste city,” kata Ues saat ditemui KupasMerdeka.com di ruangannya (4/5).

Menurut Camat, pihaknya sudah berulangkali menyampaikan kepada masyarakat termasuk RT, RW, dan tokoh-tokoh masyarakat tentang progem zero waste city tersebut.

“Hal ini bukan hanya sekedar paham terhadap sampah, untuk mengenalkan dan sosialisasi terhadap sampah kita ajak dan libatkan masyarakat bahwa yang namanya zero waste city itu benar-benar bersih dari sampah, apakah itu sampah organik maupun non organik,” jelas Camat.

Advertisement

“Ternyata, ada dari masyarakat yang punya wawasan keterampilan, dari hasil pengalaman mereka, sampah itu diolah kembali menjadi sumber ekonomi, dan sampah ini juga bisa di olah menjadi pupuk, didaur ulang, dan bisa menjadi hal yang menarik, walaupun nantinya akan jadi sampah lagi, itu yang kita galakkan,” lanjut Ues Suryadi.

Lebih lanjut, Camat Beji ini juga menjelaskan program unggulan lainnya yaitu konsep “Smart City”.

“Nah, dari wilayah Beji ini dia sudah smart, sudah cerdas oleh karenanya dalam konsep unggulan ini mengajak agar seluruh masyarakat Depok ini, yaitu menjadi cerdas, cerdas dalam memaknai dimanapun dia berada sebagai masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Ues Suryadi juga kemudian memaparkan program unggulan lainnya yaitu keluarga “unggul, tangguh, pintar, cerdas luar biasa.”

Sementara itu terkait menumpuknya sampah khususnya di Kemiri Muka, termasuk pembuangan sampah ke kali oleh oknum masyarakat, Ues berharap kesadaran dari warga juga.

“Dengan adanya masukan seperti ini, untuk kita menindak lanjuti, bahwa pekerjaan kita jangan selesai hari ini, harus ada tindakan nyata,” pungkasnya.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*