Pengadilan Agama Bengkalis “Sidang Keliling”, Layani Perkara Rumah Tangga

Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Bengkalis, Zulkifli saat diwawancarai di Aula Gedung Bathin Betuah Kecamatan Mandau Duri
Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Bengkalis, Zulkifli saat diwawancarai di Aula Gedung Bathin Betuah Kecamatan Mandau Duri

DURI, RIAU (KM) – Untuk memenuhi kebutuhan insan pencari keadilan dalam perkara-perkara rumah tangga di Kabupaten Bengkalis, serta mudahkan urusan warga masyarakat dalam mendapatkan pelayanan hukum, Pengadilan Agama Bengkalis menjadwalkan Pengadilan Sidang Keliling di beberapa Kecamatan, menggunakan fasilitas gedung pertemuan Aula Kantor Camat untuk sementara waktu sambil menunggu adanya realisasi infrastruktur khusus untuk persidangan.

Untuk memudahkan urusan masyarakat dalam hal bentuk layanan bantuan hukum berupa masalah hukum keluarga temasuk perceraian, pihak Pengadilan Agama Kabupaten Bengkalis menggelar Sidang Keliling seperti yang dilaksanakan pada Selasa (3/4/18) di gedung Bathin Betuah Kantor Camat Mandau.

“Ada sebanyak 8 pasangan sidang perkara perceraian dilaksanakan dan akan dilanjutkan pada 17 April mendatang,” ungkap Panitera Pengadilan Agama Kabupaten Bengkalis Zulkifli usai meggelar sidang.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini baru pertama kali dilakukannya.

Sidang keliling ini merupakan salah satu bentuk pelayanan bantuan hukum Pengadilan Agama sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung RI nomor 10 tahun 2010. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan sidang keliling ini adalah untuk membantu masyarakat pencari keadilan yang tidak mampu secara ekonomis, dalam menjalankan proses hukum di Pengadilan Agama Bengkalis.

“Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat pencari keadilan untuk berperkara di lokasi sidang yang lebih dekat dengan tempat tinggal warga masyarakat itu sendiri, dan untuk meringankan biaya transportasi serta untuk penghematan waktu dalam perlaksanaan persidangan bagi masyarakat pencari keadilan,” jelasnya lagi.

Selain itu, cetus Zulkifli, juga untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang hukum melalui pemenuhan dan perlindungan hukum terhadap hak dan kewajibannya.

“Bagi warga Kota Duri Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan juga Kecamatan Talang Muandau yang ingin mengikuti proses ini dipersilahkan untuk mendaftar ke Pengadilan Agama di Bengkalis, dan kemudian untuk sidangnya akan dijadwalkan di Duri,” tutupnya.

Reporter: amir
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*