Bima Arya Paparkan Strategi Pengelolaan Sampah untuk Kota Bogor

BOGOR (KM) – Produksi sampah di Kota Bogor saat ini telah menembus angka fantastis, yakni 700 ton setiap harinya. Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah daerah agar mengurangi masalah terkait sampah seperti dengan cara mengembangkan TPS 3R dan membangun bank sampah di setiap wilayah.

Selain itu, minimnya kesadaran masyarakat terhadap kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan masih banyak ditemukan di setiap daerah. Faktanya, saat ini masih ada saja masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Selain dapat mencemari lingkungan, sampah yang dibuang sembaranganpun dapat mengundang datangnya berbagai macam penyakit.

Alasan mereka pun beragam, salah satu diantaranya yaitu tidak adanya tempat pembuangan sampah di daerahnya. Oleh karena itu, dalam gerilya pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bogor nomor urut 3, Bima Arya dan Dedie A Rachim di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, tampak membawa 7 unit tong sampah untuk dimanfaatkan oleh warga di wilayah tersebut. “Jadi, tidak ada lagi alasan warga untuk tidak membuang sampah pada tempatnya. Semoga ini bisa bermanfaat. Ini hanya simbolis, intinya mimpi kita sama yaitu sama-sama ingin mewujudkan Kota Bogor yang bersih dan nyaman,” imbau Bima kepada warga di lokasi.

Penyerahan tempat sampah ini secara simbolis diberikan oleh pasangan petahana itu kepada perwakilan RW di wilayah tersebut dengan harapan dapat bermanfaat bagi warga. Dalam kesempatan itu, Bima dan Dedie tak hanya sekedar menyerahkan saja. Keduanya kompak menggotong satu tong sampah kosong dan mengajak warga untuk berpartisipasi aktif dengan mengambil sampah yang ada di lokasi lalu mebuangnya ke dalam tong yang sudah disediakan.

“Karena persoalan sampah ini cukup serius maka strategi utamanya adalah mengolah sampah dari hulu ke hilir. Khsususnya sampah rumah tangga. Saya dilantik 2014, Bank Sampah saat itu masih di bawah 10 unit. Alhamdulilah sekarang bank sampai sudah berada diatas 200 unit. Jadi kita paksa warga untuk mengelola sampah mulai dari hulu. Memilah memilih dan menghidupkan bank sampah di seluruh Kota Bogor,” kata Bima dan Dedie sambil mengangkat tong sampah.

Sebelumnya, pasangan Bima – Dedie juga memperlihatkan konsen mereka terhadap masalah lingkungan dengan mengadakan kegiatan bebersih Sungai Ciliwung dengan menyusuri aliran air menggunakan perahu keret.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*