Menkes Dorong Permasalahan IDI-dr. Terawan Diselesaikan Secara Internal Dahulu

Menteri Kesehatan dr. Nila F. Moeloek Sp.M. memberikan keterangan usai RDP dengan Komisi IX DPR RI, Kamis 5/4 (dok. KM)
Menteri Kesehatan dr. Nila F. Moeloek Sp.M. memberikan keterangan usai RDP dengan Komisi IX DPR RI, Kamis 5/4 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Pemecatan Mayjen dr. Terawan Agus Putranto oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akhir-akhir ini viral di media sosial.

Dokter Terawan dipecat karena melakukan sejumlah pelanggaran etik yakni mengiklan, memuji diri, serta menjanjikan kesembuhan kepada pasien. Metode penyembuhan dokter Terawan yakni Digital Subtraction Angiography (DSA) atau “cuci otak” juga jadi persoalan karena berbeda dengan dokter-dokter yang lain.

Terkait persoalan pemecatan Dr. Terawan oleh IDI tersebut Menteri Kesehatan Nila Moeloek mendorong agar para pihak menyelesaikan secara internal dulu.

“Ya saya kira biarkan mereka mencoba dulu menyelesaikan secara internal untuk mendapatkan suatu solusi yang baik, saya kira itu dulu,” ujar Nila, Kamis 5/4 di Gedung DPR RI sebelum memasuki ruang rapat Komisi IX.

“Jadi kami menginginkan mereka secara internal dulu… karena kami ini kan pemerintah, untuk regulasi, jadi biarkan dulu,” pungkas Menkes.

Terkait apakah Kementerian Kesehatan akan memediasi antara IDI dan dr. Terawan, Nila menegaskan bahwa apabila persoalan tidak selesai juga, maka pihaknya akan turun tangan.

“Ya kita lihat dulu, jika mereka masih belum selesai tentu kami mencoba untuk memediasinya, kita ambil yang terbaiklah,” tutur Nila.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*