Fadli Zon Minta Pemerintah “Kaji Serius” Penerimaan Dosen Asing

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon (dok. KM)
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan bahwa wacana untuk membuka kran pemerimaan dosen asing untuk mengajar di Indonesia “harus dikaji secara serius”. Menurutnya, hal itu akan menimbulkan persoalan-persoalan baru, terutama kalau menyangkut bidang-bidang studi yang sudah banyak ahlinya di Indonesia.

“Tetapi kalau bidang studi yang berbeda [dan] kita tidak mempunyai ahlinya, tentu tidak masalah,” ucap politisi Partai Gerindra itu saat ditemui wartawan, Senin 16/4, Gedung Nusantara 3 Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta.

Menurut Fadli, untuk bidang-bidang yang di Indonesia ini sudah ada ahlinya, penerimaan dosen asing akan menggeser juga peluang dosen-dosen lokal untuk maju.

“Selain itu, yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah bagaimana meningkatkan mutu para dosen dengan mengirimkan mereka untuk mengikuti fellowship, kemudian disekolahkan kembali, jadi bukan membuat kebijakan yang justru akan menurunkan opportunity, kesempatan dosen kita untuk maju dan kemudian ada dosen-dosen asing mengambil porsi yang menjadi seharusnya lapangan pekerjaan dan juga institusi kelembagaan yang sangat strategis bagi dosen kita,” pungkas politisi Gerindra itu.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*