Ade Yasin Ingin Kabupaten Bogor Swasembada Beras, Bagaimana Caranya?

BOGOR (KM) – Pasangan Calon Bupati Bogor Hj. Ade Yasin dan Calon Wakil Bupati H. Iwan Setiawan, “bertekad bulat” memajukan sektor pertanian karena dengan wilayah yang begitu luas, lahan pertanian masih bisa dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan beras lokal maupun menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat desa dan bahkan menjadikan Kabupaten Bogor sebagai pemasok beras ke wilayah Ibukota dan sekitarnya.

Tak cuma itu, tingginya antusiasme warga untuk menanam padi serta penambahan lahan pertanian dinilai akan memacu peningkatan produksi yang pada akhirnya Kabupaten Bogor jadi surplus beras. Paslon HADIST pun menginginkan agar Kabupaten Bogor bisa menjadi pemasok beras, minimal ke Ibukota, Depok dan daerah sekitarnya.

Saat menghadiri festival Panca Karsa di Tanjung Sari, akhir pekan lalu, Ade Yasin tampak terjun bersama ratusan petani ke sawah guna menanam padi.

Ketua DPW PPP Jawa Barat ini mengatakan, dengan harga beras yang terus meningkat, maka menanam padi “sangat penting” karena bermanfaat untuk masyarakat, minimal tidak membeli beras lagi.

“Hampir setiap tahun harga beras naik, maka dari itu menanam padi sangat penting karena bermanfaat untuk warga desa, setidaknya terjamin dari hasil tani,” papar Ade Yasin kepada wartawan di Cibinong, Senin (2/4/2018).

Dijelaskannya, bahwa HADIST memprogramkan pemberian bantuan kepada para petani agar lebih maju dalam melakukan penanaman padi dan lainnya, seperti bibit dan sarana pertanian. Kepada para petani, tambah Ade Yasin, tidak perlu memikirkan bisa swasembada beras karena lambat laun jika terus digiatkan maka dengan sendirinya akan swasembada beras.

“Apa yang sudah diprogramkan harus terus dilaksanakan karena hasilnya akan terlihat di masa depan. Kalau antusiasme warga untuk menanam padi meningkat, maka lahan pertanian akan terus bertambah, dan akhirnya lapangan kerja terbuka serta produksi beras kita bisa surplus, dengan begitu Kabupaten Bogor bisa memasok beras ke DKi dan daerah sekitarnya, itu target kita,” papar Ade.

Dikatakan Ade Yasin lebih lanjut, jika nanti dirinya dan Iwan Setiawan menjabat Bupati dan Wakil Bupati, dia akan membuat zona-zona pertanian, membuka lahan pertanian baru dan mengalokasikan anggaran lebih besar untuk sektor pertanian.

“Kami akan memprioritaskan pembangunan bidang pertanian, itu komitmen saya dan pak Iwan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan program pertanian yang maju, tambah adik kandung eks Bupati Rachmat Yasin ini, dirinya memohon doa dan dukungan masyarakat untuk beramai-ramai datang ke TPS pada 27 Juni mendatang dan mencoblos paslon HADIST nomor urut 2. “Coblos HADIST demi pembangunan yang hasilnya untuk dinikmati masyarakat dan juga kemajuan Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Reporter: Deva, Jamil
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*