Pengecoran Jalan Lingkungan di Mustika Jaya Diduga Sarat Pelanggaran

Lubang yang ditemukan di lokasi pengecoran jaling di Kelurahan Mustika Sari, Kota Bekasi (dok. KM)
Lubang yang ditemukan di lokasi pengecoran jaling di Kelurahan Mustika Sari, Kota Bekasi (dok. KM)

BEKASI (KM) – Banyak pekerjaan pengecoran jalan di Kota Bekasi saat ini, salah satunya peningkatan jalan lingkungan (jaling) di jalan Gg. Jirun RT 004/01 Kelurahan Mustika Sari, Kecamatan Mustika Jaya. Proyek satu ini menuai banyak pertanyaan dan diduga telah terjadi pelanggaran teknis. Pasalnya, pada saat pekerjaan tersebut tidak ada pihak Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) yang hadir untuk mengawasi.

Selain itu, di lokasi tidak ada plang papan nama proyek pekerjaan yang terpasang, sehingga masyarakat tidak bisa mengetahui pekerjaan apa yang sedang dikerjakan, dari Dinas mana yang memberi pekerjaan, dan anggaran berapa yang dituangkan di pekerjaan tersebut. Hal ini didugamelanggar Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008. Tidak hanya itu, di lapangan juga ditemukan lubang yang sengaja digali, menimbulkan kecurigaan terhadap niat pihak kontraktor dalam pengerjaannya.

Saat dikonfirmasi ke pihak Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang UPTD Dinas BMSDA Nining melalui telepon, ia mengatakan bahwa pihaknya akan “mengecek” ke pengawas proyek.

“Iya akan mengecek dulu ke pihak Pengawas, dan nanti saya akan kabari bang!” ujarnya.

Namun hingga berita ini diturunkan, KM belum berhasil mendapatkan konfirmasi kembali dari pihak PPTK, dan Nining pun tidak berhasil dihubungi.

Reporter: Simon
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*