Peduli Palestina, IAIN Langsa Adakan Zikir, Tausiah dan Kumpulkan Donasi

Ketua MRI Langsa menerima bantuan untuk warga Palestina yang diberikan oleh mahasiswa IAIN Langsa (dok.KM)
Ketua MRI Langsa menerima bantuan untuk warga Palestina yang diberikan oleh mahasiswa IAIN Langsa (dok. KM)

LANGSA (KM) – Konflik berkepanjangan yang tak kunjung selesai dari tahun ke tahun membuat masyarakat Palestina didera konflik. Hal itu menyentuh hati para mahasiswa Bidikmisi Kampus IAIN Langsa untuk mengadakan acara Cotkala Berzikir For Palestina dengan zikir, doa, pemutaran video dokumenter, dan tausiah yang diisi oleh Ustad Atailah dan Ustad Ahmad Nabawi, dan mengumpulkan donasi dari mahasiswa, Rabu (7/3/2018) di aula kampus setempat.

Dalam kegiatan “Cotkala berzikir For Palestina” itu turut serta Masyarakat Relawan Indonesia Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT), Radio Komunitas Cotkala FM dan Pers Mahasiswa IAIN Langsa LPM Zawiyah News.

Kegiatan dimulai dengan bacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia Muhammad Rizky Salamuddin.

“Kalau kegiatan yang diselenggarakan untuk mahasiswa, IAIN Langsa menggunakan anggaran dari mahasiswa Bidikmisi dengan mengumpulkan donasi Rp. 50.000 dari setiap penerima beasiswa tersebut,” ujar Rizky.

Kemudian sambutan juga disampaikan oleh Irwansyah, Mentri Komunikasi Pema IAIN Langsa, dengan mengajak para mahasiswa yang hadir untuk “tulus ikhlas” baik dalam berzikir, berdoa, mendengarkan tausiah dan menyumbang donasi untuk membantu saudara seiman di Palestina.

Sementara Koordinator MRI ACT Langsa dalam kegiatan tersebut memutar video dokumenter masyarakat Palestina yang membutuhkan bantuan Indonesia. “MRI ACT Aceh kini menjalankan program dengan mengumpulkan beras 10.000 ton yang akan dilayarkan menggunakan kapal kemanusiaan melintasi samudera Pasifik hingga diterima oleh masyarakat Palestina,” ungkapnya.

Ustad Atailah dalam tausiyahnya mengajak para mahasiswa dan masyarakat Indonesia untuk membantu meski dari sedikit, “terlebih apa yang dilakukan hari ini dapat mengantarkan kita ke surga Allah SWT.”

“Saya mencontoh perilaku yang dilakukan oleh seseorang yang menyelamatkan seekor semut, serangga yang tenggelam dalam air, kemudian ia selamatkan dan apa yang terjadi, ketika orang tersebut meninggal ia diselamatkan oleh semut tersebut dari siksaan api neraka,” ujar ustad itu dalam tausiyahnya.

“Jangan pernah sungkan untuk membantu, meski itu hal terkecil dalam hidup kita, begitu juga kaum Muslimin di Palestina yang membutuhkan uluran tangan kita kepada mereka yang melawan kerasnya hidup di bawah konflik antara Israel dengan Palestina,” sambungnya.

Ketua umum Bidikmisi kampus IAIN Langsa yang diwakili oleh Kamarudin menyerahkan donasi dan beras yang dikumpulkan kepada Ilham, koordinator MRI ACT Langsa.

Reporter: Red/MN
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*