“Hari Tanpa Bayangan”, BMKG Aceh Himbau Masyarakat Untuk Mengurangi Aktivitas

BANDA ACEH (KM) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar menghimbau kepada warga di Aceh secara khusus untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Lebih baik mereka (masyarakat) berada di dalam gedung atau rumah, demi hindari dehidrasi,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Blang Bintang, Zakaria, di Aceh Besar, Selasa (20/03).

Zakaria menyebut cuaca panas akibat teriknya sinar matahari yang melanda provinsi tersebut beberapa pekan terakhir dapat menyebabkan dehidrasi.

Belum lagi pekan ini bakal terjadi pergeseran antara bumi dan matahari yang berada tepat di equatorial atau garis edar matahari.

Peristiwa itu akan berdampak lansung bagi masyarakat di Aceh, seperti terasa panas yang menyengat, sinar matahari yang menyilau terutama di siang hari dan malam hari yang terasa gerah.

“Kami perkirakan hari Rabu (21/3) pekan ini, itu posisi matahari tepat berada di garis ekuator (khatulistiwa). Pastinya semakin terik sinar matahari dan gampang dehidrasi,” tegas dia.

BMKG meminta masyarakat terutama di Aceh untuk menjaga kesehatan dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan air putih.

Advertisement

“Ini sebagai upaya agar tidak terjadi kekurangan cairan tubuh. Lalu memakai masker dan helm serta pelindung tubuh agar terhindar dari sengatan langsung matahari,” jelas Zakaria.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pekan lalu menginformasikan bahwa di pekan ini akan terjadi hari tanpa banyangan atau hari nir bayangan di Indonesia pada Rabu (21/3).

Tanggal tersebut menjadi satu dari dua hari dalam setahun, sekaligus menandai matahari tepat berada di atas garis ekuator atau khatulistiwa.

LAPAN menjelaskan hari tanpa bayangan terjadi karena posisi matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Bagi warga yang hidup di dekat atau tepat di garis itu, maka matahari berada hampir tepat di atas kepalanya.

Kondisi ini mengakibatkan tidak ada bayangan terlihat dari tubuh kita sendiri pada saat tersebut.

Hari lainnya di mana posisi matahari tepat berada di atas garis ekuator diperkirakan terjadi pada tanggal 23 September 2018.

Reporter: Red/MN
Editor: HJA

Advertisement
Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*