“E-Time” Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta Adu Bakat Teknik Mahasiswa Se-Indonesia dalam 3 Kategori

DEPOK (KM) – Event tahunan “E-Time” mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta jurusan teknik elektro kembali digelar (26/3) dengan mengusung tema “Technology Through Imagination“. Kegiatan E-Time ini merupakan kontes tahunan berskala nasional bagi mahasiswa teknik elektro dengan peserta yang berasal dari universitas dan politeknik se-Indonesia.

“Acara ini sekaligus sebagai ajang silaturahim mahasiswa teknik elektro,” ujar Yahya dalam sambutannya sebagai project officer acara ini.

Dalam E-Time yang diselenggarakan ke-9 kalinya ini, ada 3 kategori yang diperlombakan:
1. Robot Mini Industrial, yaitu perlombaan yang menggunakan satu robot manual dan satu robot otomatis untuk memindahkan suatu barang dalam waktu sesingkat mungkin.
2. Internet of Things (IoT), yaitu perlombaan yang menggunakan sistem tertanam yang berhubungan dengan sistem IoT dengan menggunakan jaringan internet yang berfungsi sebagai tempat bertukar informasi berupa instruksi sehingga dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
3. Programmable Logic Controller (PLC), yaitu perlombaan mengontrol mesin dengan cata memprogram dalam bentuk Ladder Logic.

Di hari peresmian pembukaan pelaksanaan E-Time ini, panitia juga mengundang Ricky Elson sebagai keynote speaker. Ricky yang dikenal sebagai perancang bangun mobil listrik Selo dan Gendhis yang sempat digunakan dalam ajang KTT APEC Bali pada tahun 2013 silam, memberikan motivasi kuat kepada para peserta lomba yang akan berkompetisi.

“Saya harap hingga detik-detik terakhir lomba, peserta jangan sampai menyerah,” saran Ricky menyemangati para kontestan.

Ricky juga mengajak kepada teman-teman mahasiswa untuk semangat berinovasi. “Mari bangkitkan kembali semangat inovasi bangsa,” papar pria asal Sumatra Barat kelahiran tahun 1980 ini.

Acara E-Time ini direncanakan berlangsung 27-29 Maret 2018 dengan target pengunjung hingga 500 orang dan turut dimeriahkan juga dengan kegiatan bazar makanan dan minuman hasil kerjasama panitia dengan Aliansi Kuliner Indonesia.

Reporter: Sudrajat
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*