“Bogor Street Festival Cap Go Meh” Tampilkan Beragam Kebudayaan Nusantara

KupasMerdeka.com Berita Bogor
Kemeriahan acara Bogor Street Festival Cap Go Meh, Jumat 2/3/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Perayaan tahun baru Imlek di Kota Bogor sangat lengkap dengan disertakannya festival Cap Go Meh (CGM) yang berpusat di Vihara Dhanagun di Jalan Surya Kencana Kota Bogor, Jumat (02/03/2018).

Dengan tema Bogor Street Fest CGM 2018 Cap Ajang Budaya Pemersatu Bangsa, kali ini event tahunan itu berlangsung sangat meriah.

Keberagaman festival budaya Nusantara ditampilkan, dengan penampilan yang diperankan oleh sanggar-sanggar yang ada di Kota Bogor.

Meskipun Cap Go Meh merupakan festival perayaan Tionghoa, Pesta Rakyat CGM di Bogor ini mengusung tema yang universal sehingga kesenian budaya yang atraktif dari Kota Bogor dan Jawa Barat serta kesenian daerah lainnya turut disertakan dalam kegiatan acara.

Selain kebudayaan Tionghoa, tampak pila kesenian asal Kalimantan, Jawa Tengah, Madura, Sumatera Barat, budaya Betawi, dan tentunya Jawa Barat.

“Semangat dan antusias warga masyarakat yang ditanamkan menjadi salah satu ciri dan identitas kita dalam menjaga kesatuan bangsa,” ujar Ketua Pelaksana Pesta Rakyat CGM 2018, Arifin Himawan.

“Gelaran budaya dari banyak daerah dapat menunjukkan persatuan nasional yang diperlihatkan dalam bentuk kekayaan bangsa Indonesia.”

“Tujuan dari adanya CGM ini atau pesta rakyat juga dibuat untuk mengedepankan kepentingan bersama dan memelihara sikap toleransi,” terang Arifin.

Sebagai salah satu ajang kebanggan Kota Bogor, Arifin mengapresiasi segala dukungan dan antusias masyarakat, yang setiap tahunnya menyaksikan acara dan ikut serta memberikan persembahan kepada Pesta Rakyat Cap Go Meh.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, yang juga memberikan sambutannya pada pembukaan.

“Acara ini ialah pemersatu kekayaan Indonesia, Kota Bogor untuk dijadikan model dan salah satu pelopor untuk mempersatukan, persatuan baik itu dari agama, budaya dan lainnya.”

“Kita adalah bangsa yang ramah, kita adalah bangsa yang menghormati dan mari kita jadikan Kota Bogor menjadi salah satu model dan kita jadikan pelopor untuk memperkuat persatuan” tuturnya.

Tampak hadir juga Kapolda Jawa Barat, Pangdam III Siliwangi, Kapolresta Bogor, Muspida Kota Bogor, tokoh-tokoh budayawan dan tokoh agama.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*