Ulang Tahun ke-50, SEAMEO BIOTROP Luncurkan Program “Kebon Buah Tanpa Musim”

Pembukaan Peresmian Program Kerjasama Kemendikbud RI dan SEAMEO BIOTROP serta Golden Anniversary SEAMEO BIOTROP, Senin 26/2/2018 (dok. KM)
Pembukaan Peresmian Program Kerjasama Kemendikbud RI dan SEAMEO BIOTROP serta Golden Anniversary SEAMEO BIOTROP, Senin 26/2/2018 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Peluncuran program kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) dan SEAMEO Regional Centre For Tropical Biology (SEAMEO BIOTROP) dalam Pembangunan Kebon Buah Tanpa Musim untuk Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia digelar pada Senin 26/02/2018.

Peluncuran program itu bertepatan dengan pembukaan rangkaian acara perayaan ulang tahun ke-50 SEAMEO BIOTROP dengan tema “Forging Ahead With Tropical Biology for Societal Transformation in Southeast Asia”.

Diresmikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI Dr. Didik Suhardi, dalam sambutannya ia menyatakan dukungan terhadap SEAMEO BIOTROP sebagai bagian dari Kemendikbud untuk menjadi jembatan dalam melakukan transfer ilmu dan teknologi berbasis biologi sesuai dengan kompetensi SEAMEO BIOTROP dari perguruan tinggi dan lembaga peneliti ke sekolah-sekolah, khususnya SMK, dengan langkah awal yaitu pembangunan kebun buah tanpa musim.

“Saya berharap melalui kegiatan ini SEAMEO BIOTROP dapat berperan aktif dalam pembangunan pengetahuan dan teknologi yang akan membuat lulusan SMK kita menjadi wirausahawan dan pekerja menengah yang handal untuk bersama-sama membangun ekonomi Indonesia,” ujar Didik Suhardi (26/02).

Sementara Direktur SEAMEO BIOTROP Dr. Irdika Mansyur menyampaikan bahwa dalam tahun ini SEAMEO BIOTROP memasuki program pengembangan 5 tahunan yang ke-10, dengan tetap fokus pada biologi tropika.

“Yaitu pengelolaan ekosistem terdegradasi (tambang), ekosistem budidaya, dan ekosistem unik melalui penelitian, pelatihan dan publikasi. Yang membedakan dengan program-program pengembangan sebelumnya, dalam program pengembangan 5 tahunan ke-10 ini bahwa SEAMEO BIOTROP mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi ke sekolah-sekolah,” ujar Irdika dalam sambutannya.

Dalam acara ini SEAMEO BIOTROP juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan empat institusi dan perusahaan yaitu Universitas Gunadarma, Politeknik Pertanian Pangkajene Kepulauan, PT GarudaFood Putra Putri Jaya, dan Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (Mapin).

Selain itu, sebagai salah satu bentuk penghormatan SEAMEO BIOTROP kepada para Direktur terdahulu, Irdika Mansur mempersembahkan Penganugerahan Capaian Prestasi kepada Direktur SEAMEO BIOTROP Periode tahun 1968-2014.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*