Dugaan Penyelewengan Dana Sertifikasi Guru 2017 Aceh Timur Sudah Masuk Tahap Penyidikan

Khairul Hisam, SH. MH Kasi Intel Kejaksaan Negeri Idi, Aceh Timur (dok. KM) Khairul Hisam, SH. MH Kasi Intel Kejaksaan Negeri Idi, Aceh Timur (dok. KM)

ACEH TIMUR (KM) – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur dipanggil oleh Kejaksaan Negeri Idi terkait dugaan penyelewengan dana tunjangan profesi guru/sertifikasi guru semester II Triwulan IV tahun 2017 di Kabupaten Aceh Timur, yang hingga saat ini masih ada yang belum disalurkan seluruhnya, Selasa 13/2/2018.

Berdasarkan SP2D yang dikeluarkan DPKKD, jumlah dana tunjangan profesi guru 2017 sebesar Rp 16,879 milyar, dan yang sudah disalurkan sebesar Rp 11,401 milyar. Masih ada anggaran yang belum disalurkan sebesar Rp 5,477 milyar.

Kepala Kejaksaan Negeri Idi M. Ali Akbar melalui Kasi Intel Khairul Hisam membenarkan adanya pemanggilan sejumlah PNS dari Dinas Pendidikan Aceh Timur terkait kasus tersebut.

“Benar sudah kita panggil sejumlah PNS Disdik Aceh Timur terkait dugaan penyelewengan dana setifikasi guru tersebut, bahkan kasus ini sudah masuk ke tahap penyidikan,” ujarnya.

Khairul juga manambahkan dugaan penyelewengan dana sertifikasi guru 2017 itu akan ada tersangkanya, namun masih saat ini masih belum ditetapkan karena masih ada sejumlah saksi yang belum diperiksa.

“Akan ada tersangka, tetapi masih belum bisa ditetapkan, sebab masih ada saksi yang belum diperiksa karena berhalangan hadir saat proses penyelidikan,” tandas Khairul.

Sementara ini Kejaksaan Negeri Idi sudah memeriksa 13 saksi dalam kasus ini, di antaranya pejabat di Disdik Aceh Timur, Kepala Sekolah dan Inspektur.

Reporter: ZK
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*