[FOTO] Super Hero dan Tokoh Komik Warnai Simulasi Pengamanan Pilkada Kabupaten Bogor

BOGOR (KM) – Menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor 2018, Polres Bogor mengadakan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di Lapangan Tegar Beriman Pemda Kabupaten Bogor, Selasa 13 Februari 2018.

Selain dihadiri Bupati, pejabat dan petinggi aparat keamanan Kabupaten Bogor, simulasi tersebut menghadirkan lebih kurang 1.000 massa pendukung dari 5 Paslon.

Simulasi Sispamkota ini melibatkan 1 SSK Dalmas inti Polres Bogor, 1 Pleton Rainmas Polres Bogor, 1 SSK Brimob Cipanas, 1 Pleton Dalmas Kerangka Zona 1, 1 Pleton Dalmas kerangka Zona 2, 1 Pleton Dalmas kerangka Zona 3, 1 Pleton Dalmas Kerangka Zona 4, 1 Pleton Dalmas Kerangka zona 5, 1 Pleton Sat Lantas Polres Bogor, 1 Pleton gabungan Sat Reskrim dan Intelkam Polres Bogor, 1 Pleton Polwan Polres Bogor , 1 Pleton PHH Kodim 0621 Kab. Bogor, 1 SSK gabungan Staf, PHL dan Polmas Polres Bogor.

imulasi bertujuan untuk melatih kemampuan dan keterampilan personel Polres Bogor dalam menangani massa pengunjuk rasa.

Penanganan disesuaikan dengan tahapan-tahapan dan cara bertindak pada situasi-situasi tertentu yang memerlukan pengamanan dari kepolisian, khususnya jajaran Polres Bogor. Simulasi ini bertujuan sebagai gambaran jajaran Polres Bogor dalam memberikan perlindungan pengayoman dan melayani terhadap masyarakat. Seluruh jajaran bertindak sesuai tugas fungsinya

“Simulasi Sispam Kota ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapan TNI-Polri (TRIPATRA) dalam menghadapi situasi-situasi kontinjensi atau situasi terkait dengan gangguan kamtibmas termasuk juga menyampaikan pola-pola pengamanan yang dilakukan mulai pada saat pengantaran pengamanan surat suara maupun sampai pemungutan suara,” ujar Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky.

“Dalam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten 2018 diharapkan masyarakat dapat menyampaikan pendapat atau aspirasinya di hadapan umum namun tetap menjaga ketertiban umum demi terciptanya suasana yang aman dan nyaman saat terselenggaranya Pemilukada Kabupaten Bogor 2018.”

“Dalam simulasi ini dijelaskan langkah langkah langkah persuasif lebih penting, namun dalam simulasi ini dilakukan mulai dari langkah preventif hingga mengantisipasi kemungkinan terburuk agar seluruh jajaran dapat memahami tugas dan fungsinya,” jelas Kapolres.

Reporter: Ayub
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*