Warga Tidak Punya KTP Hidup Prihatin, Kades Tidak Berani Berikan Bantuan RTLH

Anggota Dinas Sosial Aceh Timur mengantakan bantuan pokok kepada keluarga Kafrawi, Kamis 18/1 (dok. KM)
Anggota Dinas Sosial Aceh Timur mengantakan bantuan pokok kepada keluarga Kafrawi, Kamis 18/1 (dok. KM)

ACEH TIMUR (KM) –  Kehidupan keluarga Kafrawi (40) dan Mastura (22) sungguh memprihatinkan. Pasangan tersebut berdomisili di Dusun Syik, Gampong Teupin Drum, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur, tinggal dalam gubuk berukuran kurang-Lebih 1,5 X 5 meter dan kondisinya sangat tidak layak ditempati.

Menurut informasi yang diterima, Kafrawi dan keluarganya sudah tinggal di Gampong Teupin Drum selama hampir 10 tahun, namun baru satu bulan yang lalu tercatat sebagai warga gampong yang sah. Pasalnya, sebelum itu Safrawi tidak pernah mau membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saat diingatkan oleh aparatur gampong.

Diketahui, Kafrawi tergolong minim pendidikan, dan kesehariannya bekerja serabutan untuk menafkahi 3 orang anaknya yang masih kecil.

Saat dikonfirmasi oleh wartawan, Keuchik (Kepala Desa) Gampong Teupin Drum Ishak Rizal, melalui Kadus (Kepala Dusun) Taufik, dan Munawar sebagai pendamping desa mengatakan, “Kami sebagai aparatur Gampong selalu mengingatkan Kafrawi untuk melengkapi dokumen keluarga serta KTP agar tercatat sebagai penduduk Gampong Teupin Drum yang sah, tetapi tidak diindahkannya,” ujar Taufik pada Kamis, 18/01/2018.

Sambungnya, “Biarpun demikian, keluarga Kafrawi selalu mendapatkan bantuan berupa Raskin, Posyandu, dan pelayanan kesehatan lainnya atas kebijakan dari Keuchik.”

“Untuk Program Rumah Rehab tahun 2017, Keuchik Gampong Teupin Drum tidak memberikannya, dikarenakan keluarga Kafrawi tidak memiliki dokumen yang lengkap, sehingga Keuchik tidak berani bertanggung jawab untuk hal tersebut ,” tutup Taufik.

Munawar ikut menjelaskan, “Dalam anggaran tahun 2018 ini, keluarga Safrawi akan mendapat perhatian yang sama seperti warga kurang mampu lainnya, karena saat ini merasa sudah tercatat sebagai warga Gampong Teupin Drum,” tutur Pendamping Gampong Teupin Drum tersebut.

Di tempat yang berbeda, Sekretaris Dinas Sosial Drs. Tarmidi mengatakan, pihaknya akan mengambil tindakan cepat untuk membantu keluarga Kafrawi. Jika Kafrawi mempunyai tanah sendiri, pihak Dinas Sosial akan mengusahakan supaya keluarga malang tersebut mendapat rumah yang layak.

“Kami akan membantu dalam waktu dekat, kalau keluarga tersebut punya Sertifikat Kepemilikan Tanah atau surat kepemilikan tanah yang ditandatangani Keuchik, kami akan mengusahakan agar mereka (keluarga Kafrawi -Red) mendapatkan rumah yang layak huni,” ujarnya.

“Tadi pagi [19/1] Anggota Dinas Sosial yang bertugas di lapangan juga sudah turun langsung dan memberikan sedikit bantuan pokok kepada keluarga tersebut,” tutup Tarmidi.

Reporter: ZK
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*