Terima Hibah Rp. 13 M dari Pemkot, Polresta Bogor Kota Bangun Gedung Baru

Kapolresta Bogor bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor saat melihat site plan pembangunan Mako Polresta Bogor, Jumat 5/1 (dok. KM)
Kapolresta Bogor bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor saat melihat site plan pembangunan Mako Polresta Bogor, Jumat 5/1 (dok. KM)

KOTA BOGOR (KM) – Pembangunan kantor baru Polresta Bogor yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor akan menghabiskan dana yang fantastis yakni mencapai Rp 13 miliar.

Dana tersebut untuk pembangunan gedung tiga lantai dengan luas tanah 3000 meter, dimana pada pembangunan gedung yang baru ini di dalamnya difasilitasi berbagai ruangan, termasuk ruang sel tahanan.

“Alhamdulillah, tahun ini pembangunan gedung baru dapat terealisasi dan rencana pelaksanaan pembangunannya selama tujuh bulan kedepan. Kalau dananya kita dapat hibah dari Pemerintah Kota Bogor sebanyak lebih dari Rp 13 Miliar,” jelas Kapolresta Bogor, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya kepada Kupasmerdeka.com pada Jumat (05/01/2018).

Ulung menuturkan, selama pelaksanaan aktivitas kepolisian di Jalan Kapten Muslihat ini tidak terganggu, karena gedung yang saat ini digunakan tidak dibongkar. Jadi, pelayanan dan aktifitas kepolisian tetap berjalan seperti biasa, dan jumlah personilnya pun masih sama.

“Bangunan lama kan masih ada, tidak dibongkar, jadi masih bisa ditempati. Kalau personil tetap terbagi dua, yakni di Kedung Halang dan juga di sini”.

“Setelah bangunan yang baru ini sudah rapi dan bisa digunakan, barulah gedung lama dibongkar, kemudian kantor Reskrim yang saat ini ada di Kedunghalang, nantinya akan dipindah ke sini,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, kenapa harus dibangun kantor baru, karena kata dia memang sudah seharusnya dibangun, sebab fasilitas yang ada saat ini tidak memadai, sehingga harus ditingkatkan demi pelayanan kepada masyarakat. “Jadi, kedepan harus ditempatkan di satu tempat dengan fasilitas yang memadai,” jelasnya.

Saat ditanya soal penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), pihaknya mengaku sudah dilakukan pada Maret 2017 lalu dan Mabes Polri pun sudah mengetahui soal pembangunan kantor Polresta yang baru ini.

“Untuk NPHD-nya sudah kita lakukan pada Maret 2017 lalu, Mabes juga sudah tahu soal pembangunan ini. Sebelumnya pun kita sudah mengajukan ke Polda Jawa Barat, kemudian dari Polda menurunkan tim pendampingan terkait bangunan ini. Dalam pelelangan dan juga proses segala macam, kita didampingi konsultan pengawas dari Polda,” akunya.

Sementara dalam acara peletakkan batu pertama yang berlangsung di Mapolresta Bogor Kota Jalan Kapten Muslihat ini turut dihadiri dan disaksikan langsung Wakil Walikota, Usmar Hariman, Sekda Kota Bogor Ade Sarip, Dandim 0606 Letkol Arm Dody Suhaddiman, Ketua DPRD Kota Bogor Untung Maryono beserta para wakil dewan Kota Bogor.

Reporter: Dody
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*