Punya Peternakan Sendiri, Lapas Cibinong Didapuk Menjadi Lapas Percontohan

Kalapas Pondok Rajeg Agung Krisna berbincang bersama Dirjenpas Kemenkumham Marzoeki, Rabu 17/1 (dok. KM)
Kalapas Pondok Rajeg Agung Krisna berbincang bersama Dirjenpas Kemenkumham Marzoeki, Rabu 17/1 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Jelang kunjungan kerja Menteri Hukum dan HAM pada 20 Januari 2018 mendatang, Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Pondok Rajeg Cibinong Kabupaten Bogor melakukan sterilisasi sekaligus memperlihatkan percontohan tempat ternak penggemukan sapi.

Persiapan tersebut dipimpin oleh Kalapas Anak Agung Krisna dan jajaran serta menghadirkan PLT Dirjenpas Marzoeki, Dirkamtib Sutrisman, Kalapas Cilodong Depok Sohibur Rohman dan Kalapas Paledang Bogor, Rabu 17/1.

PLT Dirjenpas Marzoeki mengatakan, dalam tinjauannya, lapas ini sebagai percontohan kepada lapas yang lainnya seperti kinerja yang akan memakai sistem IT dan dalam pelaksanaan teknis agar pengunjung atau pembesuk bisa memakai sidik jari di pintu masuk. “Dan saya juga melihat di sisi lain untuk rencana peternakan penggemukan sapi yang ada di lapas akan menjadi prioritas bagi binaan, agar warga binaan terdidik dalam peternakan tersebut dan pada saat keluar nanti warga binaan menjadi mudah untuk mendapatkan keterampilan di bidangnya. Peternakan ini, lapas bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan dibantu oleh beberapa kemitraan,” jelas Marzoeki. 

Di tempat yang sama,  Kalapas Pondok Rajeg Agung Krisna menambahkan, sistem IT bertujuan untuk peningkatan layanan yang lebih baik kepada pengunjung, mempercepat palayanan dan memberi pelayanan, agar yang berada di dalam (warga binaan) juga bisa mendapatkan dan mempercepat informasi untuk mengajukan PB, CB serta keluarnya dari tahanan.

“Dalam pelaksanaan ternak penggemukan sapi nantinya warga binaan yang akan merawat dan itu juga disesuaikan dari pendapatan penghasilan. Nah di sini para binaan diberi bimbingan secara khusus agar binaan menjadi peternak yang baik dan bilamana warga binaan keluar nanti bisa menjadi pengusaha ternak atau mencari pekerjaan di bidang peternakan,” tutur kalapas Pondok Rajeg itu. 

Reporter: man
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*