Lurah Mekarjaya: “Dua Pekan Lagi, Program SIP OKE Mulai Berbasis Android”

Lurah Mekarjaya, Depok, Ahmad Fadillah (dok. KM)
Lurah Mekarjaya, Depok, Ahmad Fadillah (dok. KM)

DEPOK (KM) – Sistem Informasi Pelayanan berbasis Online Kelurahan atau yang disingkat dengan SIP OKE yang sudah diterapkan di Kelurahan Mekarjaya sejak Maret 2017 lalu mulai dikembangkan penggunaannya dari yang awalnya hanya berbasis website akan menjadi berbasis Android.

“Sedang dalam persiapan… Insya Allah dalam dua pekan ini akan segera di launching versi Android nya, mohon doanya semoga lancar dan bisa segera dipergunakan oleh masyarakat,” ujar Ahmad, Lurah Mekarjaya.

Lebih lanjut Ahmad menyampaikan bahwa pengembangan ini dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih mudah mengakses informasi terkait program dan cara pengurusan dokumen di Kelurahan dengan memanfaatkan alat komunikasi smart phone mereka.

“Jaman sekarang kan penggunaan smart phone sudah makin luas, jadi sayang kalau tidak bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, program SIP OKE ini baru satu-satunya diaplikasikan di Kota Depok sehingga terobosan sistem online ini menjadi ikon bagi Kelurahan Mekarjaya. “Harapannya sih masih sama, yakni kelak terobosan ini tidak hanya bisa diimplementasikan di tingkat kelurahan saja, tapi juga bisa ke tingkat kota,” ungkapnya saat diwawancarai tim KM di kantornya.

Saat ditanya mengenai dukungan pemerintah dalam hal ini Pemerintah Kota Depok, Lurah yang bernama lengkap Ahmad Fadillah ini menjawab diplomatis. “Sejauh ini sih responnya positif-positif saja, kalau untuk lebih luas lagi penggunaannya mungkin belum,” jawabnya.

Program SIP OKE ini ditujukan bagi masyarakat Kelurahan Mekar Jaya yang ada keperluan hendak melakukan pengurusan pembuatan dokumen dan lain-lain agar terlebih dahulu mengakses informasinya di website supaya mendapatkan info valid mengenai berkas atau apa saja yang dibutuhkan dalam pengurusan dokumen yang dibutuhkannya tersebut.

“Jadi biar lebih efisien waktu dan tidak perlu mondar-mandir ke kelurahan,” pungkas Ahmad Fadillah.

Reporter: Sudrajat, Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*