COKLIT Hari Kedua, KPU Depok Sambangi Rumah Menaker

DEPOK (KM) – Dalam rangka pelaksanaan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur JaBar, Tahun 2018, KPU Kota Depok menggelar giat Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak, Minggu, (21/1). Acara berlangsung di kediaman Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri di Jl. Cluster Phyrus Perum Permata, Pondok Jaya, Cipayung, Depok.

Berdasarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, itu adalah acara hari kedua kegiatan coklit. Khususnya untuk Kota Depok yang bersiap akan menghadapi Pilgub Jabar 2018.

Dalam giat itu, KPU Depok bersama beberapa petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang didampingi PPK serta PPS tingkat kecamatan dan kelurahan mendatangi kediaman Menaker yang terdata sebagai warga Depok dan tentunya memiliki hak pilih.

Pada kesempatan tersebut, Hanif menyatakan bahwa dirinya “sangat mendukung” adanya sosialisasi Pilgub Jabar 2018 melalui coklit.

“Perlu dan tentu sangat penting di adakannya coklit. Karena Pemilu ini milik masyarakat, oleh karena itu selain KPU di harapkan juga masyarakat dapat turut membantu mensosialisasikan nya,” tutur Hanif di depan wartawan.

Sementara itu Ketua KPU Profinsi Jawa Barat Yayat Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Hanif Dhakiri yang sudah memberikan akses kemudahan untuk coklit data pemilih. Ia berharap, mudah-mudahan hal kesempatan yang sama bisa menular ke pihak lain, terutama kelompok menengah ke atas.

“Karena betapa sulitnya kami menyentuh kalangan atas untuk mendata pemilih. Hal lain yang paling menyulitkan akses adalah masyarakat menengah ke atas. Yayat juga berharap virus baik itu dapat ditularkan Menteri,” lugasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati, juga mengungkapkan, bila sebelumnya di hari pertama coklit serentak juga dilakukan kepada sejumlah artis dan publik figur warga Depok.

“Pada coklit hari kedua ini, kami mendatangi kediaman Menteri Ketenagakerjaan RI, Hanif Dhakiri. Ini membuktikan KPU sebagai bagian dari penyelenggara sosialisasi Pilgub Jabar 2018, bekerja serius,” papar Titik.

Titik juga menegaskan pihaknya sengaja menyasar ke rumah sejumlah artis, tokoh masyarakat, musisi atau publik figur, dalam giat coklit semata hal itu di lakukan sebagai bagian dari upaya mensosialisasikan Pilgub Jabar 2018.

Sehingga dengan mendatangi tokoh dan publik figur yang tercatat sebagai warga Depok, dan yang dianggap sebagai opinion leader, KPU berharap hal itu dapat menjadi strategi efektif dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Depok.

“Ini semua untuk membantu kami juga dalam upaya mensosialisasikan Pilgub Jabar, agar tingkat partisipasi warga Depok tidak rendah seperti yang kami khawatirkan,” pungkasnya.

Reporter: Goesti/red
Editor: HJA

Komentar Facebook

Leave a comment

Your email address will not be published.


*