Bertahun-tahun Proposal Penambahan Ruang Kelas tidak Direspon Pemerintah, Kamad MTs Alkautsar Depok Gadaikan SK dan Ijazah

Shodik Murdiono, Kepala Madrasah MTs Alkautsar Depok
Shodik Murdiono, Kepala Madrasah MTs Alkautsar Depok

DEPOK (KM) – MTs Alkautsar adalah salah satu sekolah pendidikan agama Islam yang berada di Kelurahan Mekar Jaya, Depok. Sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Alkautsar ini sedang melanjutkan pembangunan guna menambah jumlah ruang belajar bagi siswanya.

Saat ini jumlah siswa yang menempuh pendidikan disekolah tersebut berjumlah 200, dan dari jumlah tersebut ada sekitar 120 siswa yang masih dikenakan SPP yang menurut Kepala Madrasah, sifatnya “Infaq, selebihnya gratis.”

“Ada yang membayar 150 ribu, ada yang 75 ribu ada yang 130 ribu hingga 400 ribu terserah mereka saja,” kata Shodik Murdiono.

Saat ini MTS Al-Kautsar menjalankan dua program sekolah yakni Full Day Class dengan waktu belajar dari Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 hingga 16.00 dan program reguler Senin hingga Sabtu jam 7.00 sampai 13.00.

“Total guru sebanyak 58 orang, 7 orang diantaranya adalah PNS dan selebihnya adalah guru honorer dengan gaji minimal Rp. 2 juta per orang, kalau yang PNS kan gajinya langsung dari negara,” jelasnya.

Terkait pembangunan yang sedang berjalan, ia menjelaskan bahwa saat ink sedang ada penambahan ruangan. “Iya ini memang lagi ada penambahan untuk ruang belajar karena kita sudah gak bisa nunggu lagi,” katanya.

Soal pendanaan, ia mengaku bahwa murni didapat dari hasil urunan.

“Saya dan beberapa rekan inisiatif menjaminkan SK dan Ijazah untuk mendapatkan dana pinjaman supaya pembangunan bisa berjalan,” ujarnya.

Saat ditanya kenapa tidak mengajukan proposal bantuan ke pemerintah, ia mengakui sudah terlalu sering melakukannya.

“Proposal sudah diajukan baik secara lembaga atau melalui anggota dewan, bahkan tiap tahun kami ajukan proposalnya dan ini sudah tahun ke-4, namun belum juga ada realisasi,” jelasnya.

“Memang sih ada respon tapi hanya berupa informasi kalau proposal tidak dapat disetujui karena terbentur aturan dikarenakan sekolah ada dibawah naungan Kemenag sehingga tidak ada alokasi dananya,” pungkasnya.

Reporter: Sudrajat-Indra Falmigo
Editor: HJA

Komentar Facebook

1 Trackback / Pingback

  1. Renovasi Gedung MTs Alkautsar Depok Sudah 75%, Belum Ada Bantuan Dari Pihak Luar – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*