Geuchik Soen Madat Permudah Ribuan Warganya Dapatkan Kartu BPJS 

ACEH TIMUR (KM) – Samsul Azhar, sapaan akrab Geuchik Soen asal Gampong Luengsa Kecamatan Madat Aceh Timur, melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat kurang mampu dalam hal urusan Asuransi Kesehatan (Askes) atau BPJS bagi warga miskin di 26 Gampong dalam wilayah Kecamatan Madat Aceh Timur, hal itu dilakukan Geuchik Soen demi untuk memudahkan simiskin dalam berobat yang mengunakan fasilitas BPJS.

Disela kesibukan pengisian formulir bagi warga miskin peserta BPJS gampong Blang Andam Ia menuturkan, “Saya mengurus kartu BPJS untuk warga miskin tipe kelas 2A, karena banyak warga miskin di kecamatan Madat yang belum menjadi peserta BPJS, artinya warga yang memiliki sedikit uang trasportasi mungkin sudah mengurus dan miliki kartu BPJS, ini bagi khusus untuk warga yang kurang mampu,” katanya. 

Menurut Geuchik Soen, menjadi pemimpin yang bijaksana itu tidaklah sulit. Cukup dengan modal kejujuran, keikhlasan dan mau bekerja demi masyarakat. “Bila tiga hal itu dilakukan, akan menjadi sosok pemimpin yang diidamkan oleh masyarakat,” kata Geuchik Soen.

Sementara itu, Ismail Taib, Tuhapeut Gampong Blang Andam didampingi Kasi Pemerintahan Gampong tersebut di sela kesibukannya saat mengisi formulir peserta BPJS mengatakan, “kami sangat berterimakasih kepada Geuchik Soen Luengsa, yang sudah membantu warga kurang mampu di tempat kami untuk mengurus kartu BPJS, ini sangat membantu warga kami, karena hal ini dilakukan tanpa harus dipungut biaya dan warga merasa senang dengan bantuan yang telah diberikan olehnya,” ujar Ismail Taib. 

Sekedar diketahui, hingga saat ini Geuchik Soen masih menjabat di pemerintahan Gampong Luengsa. Selaku Geuchik yang sedang menjalankan roda pemerintahan Gampong, ia tidak pernah terkesan lelah dalam menjalani tugas pemerintahan.

Senin (25/12/2017) sore ia bersama beberapa tokoh Gampong Blang Andam, saat dijumpai wartawan media ini baru saja usai mengumpulkan photo Copy KK dan KTP warga di meunasah gampong setempat, Keuchik Soen  menjelaskan, data valid warga miskin sangat dibutuhkan demi kelancaran proses administrasi, Soal biayanya semua ditanggung olehnya, tanpa di pungut  sepersenpun dari warga.

“Saya melakukan pengurusan kartu BPJS bagi seluruh warga miskin yang belum memiliki kartu BPJS di Kecamatan Madat, dan hal ini saya lakukan sudah dua minggu, kini sudah terkumpul sekitar 1400 KK, pertama sekali saya lakukan digampong Luengsa, Matang Guru, Lueng Peut, Pante Bayam, Pante Merbo, Blang Awe, Bintah, Tanjoeng Ara,” kata Geuchik Soen lagi. 

“Sekitar 1400 KK yang sudah terkumpul akan segera saya antarkan sendiri ke kantor BPJS, Ini saya lakukan dengan ikhlas hati mengingat untuk mengantar berkas data warga miskin ini harus ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Madat ke Idi Kabupaten Aceh Timur, dan bisa  menghabiskan biaya sekitar Rp 150 ribu, untuk biaya transportasi (PP) juga makan minum dijalan,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan, “Sebelumnya saya sudah lebih dulu berkordinasi dengan pihak kepala Puskesmas Madat, kemudian bersama Kapus saya memohon kepada pihak BPJS di Aceh Timur untuk melakukan pengurusan Kartu BPJS bagi warga miskin di Kecamatan Madat, Alhamdulillah di izinkan,” tuturnya.

Untuk diketahui. Sejak pertama menjabat geuchik gampong Luengsa Samsul Azhar langsung membuat gebrakan. uang pribadi ikut dikucurkan buat warganya yang menimpa musibah sebesar Rp 550 ribu perjiwa,  biaya santunan kematian sebesar itu berasal dari kantong sendiri, tanpa adanya kutipan dari masyarakat atau pemotongan  dari anggaran gampong.

Sejak empat tahun lalu hingga kini, kedekatan dengan Keuchik Soen dengan sejumlah masyarakat patut diakui. Ia selalu siap bekerja kapan saja. Kegiatan yang dilakukan kali ini didukung pula oleh Kepala Puskesmas Madat, Kapolsek setempat dan seluruh Geuchik serta perangkat gampong lainya di  kecamatan setempat.

Reporter: Rais Azhary
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*