[FOTO] Perayaan Maulid Nabi, Dongdang Banjiri Masjid Al Istiqomah Desa Kalongsawah Jasinga

BOGOR (KM) – Masyarakat Kampung Parungsapi, Desa Kalongsawah,  tumpah ruah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1439 H.
Dongdang menjadi khas utama untuk memperingati Maulid Nabi, bahkan perarakan dekoratif itu membanjiri halaman Masjid Al-Istiqomah.

Ketika KupasMerdeka.com mewawancarai ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang biasa di panggil Ustad Encep, dirinya mengatakan bahwa warga setempat sangat antusias menyemarakkan peringatan tersebut di masjidnya. “Alhamdulillah, dengan memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW setiap tahunnya semakin semarak dan sangat antusias masyarakat berlomba-lomba untuk mengadakan kegiatan lomba dongdang yang menjadi khas. Bahkan lomba dongdang ini kami dari DKM mendatangkan juri dari luar yaitu mahasiswa UIN Jakarta, agar penilaiannya independen lebih profesional dan transparan, dan penilaiannya pun ada beberapa kriteria yaitu dari segi kerapihan dongdang, isi dongdang seperti mesti ada hasil bumi seperti pisang, pepaya, sayur mayur kacang panjang, bayam, kangkung, serta makanan ringan lainnya. Sebenarnya dengan memperingati Maulid Nabi ini adalah untuk menjalin tali silaturahim dan menjalin ukhwah Islamiyah antara masyarakat Parungsapi,” papar Encep kepada KM, Minggu pagi 3/12/2017.

Begitupun kepala Desa Kalongsawah Engkus Kusman mengatakan bahwa inti perayaan Maulid Nabi ini adalah untuk mempererat jalinan tali silaturahmi dan Ukhwah Islamiyah dan saling berbagi.

“Harapan ke depan, saya berharap kepada masyarakat Kalongsawah agar lebih meningkatkan lagi di acara hari besar Islam, supaya lebih guyub diantara masyarakat,dan saya selaku kepala desa mengaharapkan juga menjaga ketertiban dan keamanan, apalagi sekarang sudah masuk ke tahun politik,” imbuh Engkus.

Reporter: HR
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*