Tiga Proyek Otsus Kota Langsa Terancam Gagal

Zulfadli ketua LSM Perintis saat berbincang dengan awak media (dok. KM) Zulfadli ketua LSM Perintis saat berbincang dengan awak media (dok. KM)

LANGSA, ACEH (KM) – Akhir tahun nanti, sedikitnya tiga proyek Otonomi Khusus (OTSUS) di Kota Langsa dipastikan gagal. Pasalnya, dengan rentang waktu akhir tahun ini, ketiga proyek tersebut masih berjalan di tempat. Demikian dikatakan Ketua LSM Perintis, Zulfadli kepada km, Senin (13/11).

Dijelaskannya, ketiga proyek tersebut diantaranya perluasan taman hutan kota yang hingga saat ini masih bersengketa dengan pihak PTPN 1, kemudian izin pemakaian lahan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) guna pembangunan jalan dari Gampong Blang Pase hingga Islamic Center dan sengketa lahan perluasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Stadion Langsa dengan masyarakat setempat, yang semua pembangunan fisiknya bersumber Dana Otsus Aceh 2017.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kota Langsa melalui aparaturnya “tidak profesional” dalam melahirkan dan merencanakan program kegiatan.

“Seharusnya mereka melakukan proses administrasi secara Proporsional dengan pihak-pihak pemangku kepentingan agar tidak menjadi kendala saat mengimplementasikan program kegiatan di Pemko Langsa,” ujarnya.

Ia juga berharap, hendaknya ke depan Pemerintah Kota Langsa dapat melakukan evaluasi terhadap kegagalan yang pernah terjadi.

“Sangat disayangkan, jika anggaran yang sudah dialokasikan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, artinya Kota Langsa dirugikan akibat serapan anggaran yang tidak maksimal,” tutupnya.

Reporter: Yuni/Devi
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*