Sekjen PAN Himbau Setya Novanto Datang Saja ke KPK

Sekretaris PAN, Yandri (tengah) saat konferensi pers, Selasa 19/9 (dok. KM)
Sekretaris PAN, Yandri (tengah) saat konferensi pers, Selasa 19/9/16 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Terkait kasus pemanggilan ketua DPR Setya Novanto oleh KPK, sekjen PAN Yandri Susanto mengatakan bahwa sebaiknya Setya “datang saja” sebagai pejabat publik dan menghargai proses hukum.

“Hadir saja tidak perlu banyak alasan apapun, dengan alasan perlu ijin presiden, hak imunitas dan yang saya khawatirkan justru akan mencederai DPR yang sangat kita hormati ini, oleh karenanya saya sarankan kepada Pak Novanto datang saja, kasih kesempatan kepada KPK, tidak perlu takut karena kan sebagai saksi kan ya, sampaikan apa adanya supaya enak dipandang masyarakat,” ujar Yandri sebelum memasuki rapat paripurna, Rabu 15/11, Gedung Nusantara 2 Senayan.

“Sebenarnya kalau dari kita sesama anggota Dewan tentu prihatin ya melihat situasi yang ada, seharusnya seperti kita anggota Dewan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menjalani proses hukum yang berlaku,” lanjut Yandri.

Hal senada diungkapkan Anggota DPR Komisi VI, Erico Sutarduga. “Bagaimanapun Presiden nggak bisa masuk dan mencampuri dalam batas itu, apalagi Pansus ya Presiden menginginkan proses berjalan dengan baik, berjalan dengan apa adanya, tidak menjadi intervensi kekuasaan karena tidak ada yang bisa dipastikan sebelum proses hukum itu berjalan sempurna, tapi sekali lagi kita harus menghargai proses hukum yang ada, dan Setya Novanto datang saja,” ujar politisi PDIP itu.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*