Perpecahan Internal GMBI Berbuntut Pengunduran Diri Ratusan Anggota

Sambas Alamsyah beserta pengikutnya melepaskan atribut GMBI, setelah mengundurkan diri dari LSM GMBI (dok. KM) Sambas Alamsyah beserta pengikutnya melepaskan atribut GMBI, setelah mengundurkan diri dari LSM GMBI (dok. KM)

BOGOR (KM) – Ratusan anggota LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kabupaten Bogor mengundurkan diri dan melepaskan atribut mereka di GOR Bulu Tanggkis Arta Lieta Raya, Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur, Minggu 19/11. Mereka merasa “sudah tidak sejalan” dengan Sekretaris Jendral GMBI.

Ketua Distrik GMBI Kabupaten Bogor Sambas Alamsyah, mengatakan bahwa dirinya kini sudah bukan lagi ketua GMBI Kabupaten Bogor, karena itu dirinya membuka semua atribut GMBI yang selama kurang lebih tiga tahun dikenakan olehnya.

“Mulai hari ini Minggu 19 November saya mundur dari jabatan saya sebagai ketua GMBI. Namun demikian, bukan hanya saya saja yang meninggalkan pakaian dan atribut GMBI. Hal ini dibuktikan oleh sekitar dua ratus masa yang setia, dan pelepasan atribut GMBI seperti bendera dan sticker yang menempel pada kendaraan” tegasnya.

Ace Sumanta, salah satu Budayawan Bogor yang hadir saat acara pelepasan atribut GMBI mengaku “sangat menyayangkan” perpecahan dalam tubuh GMBI ini. “GMBI yang sudah tiga tahun membesarkan nama Sambas Alamsyah. Diharapkan kini ada pengganti lain selain Sambas Alamsyah,” kata Ace.

“Semoga pasca mundurnya Sambas Alamsyah sebagai ketua distrik GMBI Kabupaten Bogor memberikan dampak baik bagi LSM lainnya,” ujarnya mengakhiri.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Ketua Umum LSM GMBI Fauzan Rachman menyampaikan bahwa Sambas Alamsyah “sudah dipecat” dari LSM GMBI berdasarkan hasil dari sidang Kode Etik DPP yang dilakukan beberapa hari yang lalu. Sidang Kode Etik dilakukan menyusul adanya laporan dari beberapa anggota distrik LSM GMBI. Selain itu, Ketua Umum juga menyampaikan bahwa beberapa hari yang lalu sudah dilakukan Rakerwil Jawa Barat.

“Dan untuk ketua Distrik GMBI bogor sudah ada calonnya. Kemarin di Rakerwil Jabar sudah ada dua calon yang siap dan sekarang semua jajaran DPP dan Ketua Distrik se-Jabar akan merekomendasikan yang terbaik dan untuk ketua dan siapa sekretaris, mohon tunggu,” ujarnya melalui pesan Whatsapp.

“Dan saya selaku Ketua Umum GMBI menghimbau kepada seluruh jajaran dan anggota GMBI Distrik Kabupaten Bogor untuk ikuti dan menghormati keputusan DPP, sekaligus mengajak anggota GMBI untuk kembali ke Ibu Kandung GMBI,” pungkasnya.

Reporter: DP
Editor: HJA

1 Trackback / Pingback

  1. GMBI: “Kami Tidak Pernah Bubar Sampai Kapanpun” – KUPAS MERDEKA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*