Panti Sosial Putra Utama Berikan Pendidikan Seks Usia Dini kepada Anak Binaan

Anak-anak binaan panti mengikuti seminar Pendidikan Seksualitas, Minggu 12/11 (dok. KM)

JAKARTA (KM) – Pentingnya pendidikan seks usia dini bagi anak-anak dirasakan oleh pengasuh Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Ratusan anak binaan panti mengikuti seminar bertajuk “Seksualitas Remaja di Era Digital”. Peserta berasal dari anak binaan panti beserta pendamping dari Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, 2, 3, dan 4 di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 3, Ucu Rahayu mengemukakan, pendidikan seks usia dini penting agar anak-anak memperoleh pemahaman secara benar.

“Yang kami ikut sertakan tidak hanya anak-anak panti, tapi juga pendampingnya. Pendamping juga menurut kami perlu tahu bagaimana menanggapi pertanyaan seputar seks kepada anak,” ujar Ucu saat ditemui pada hari Minggu (12/11/2017).

Ucu melanjutkan, di era keterbukaan saat ini banyak informasi yang mudah diakses oleh anak-anak. Utamanya hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas.

Ini tentu, katanya, mengaruhi cara memahami seks bagi anak-anak. Agar pemahaman itu tidak mengarah ke hal-hal negatif, maka perlu ada bimbingan dari ahli berupa seminar dan bimbingan pendamping di panti.

“Materi kami bagi dua bagian. Bagian pertama untuk anak-anak dan bagian kedua untuk pengasuh dan pendamping. Pembicara Bona Simanungkalit, Sekjen Asosiasi Seksulitas Indonesia,” kata Ucu.

Total peserta yang mengikuti seminar ini sebanyak 150 anak dan 50 pendamping dari Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 1, 2, 3, dan 4 milik Dinas Sosial DKI Jakarta.

Kepala Panti Sosial Asuhan Anak Putra utama 3, Ucu Rahayu berharap, semoga seminar ini dapat menuntun anak-anak memiliki pemahaman seks yang benar dan terhindar dari seks bebas.

Reporter: Is
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*