MKD: Setnov Harus Diganti Karena Langgar Sumpah Jabatan

Anggota Komisi III DPR-RI dari PArtai Hanura, Syarifuddin Sudding (stock)
Anggota Komisi III DPR-RI dari Partai Hanura, Syarifuddin Sudding (stock)

JAKARTA (KM) – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) hari ini 21/11 menggelar rapat tertutup dengan mengundang seluruh pimpinan fraksi-fraksi yang ada di DPR RI untuk mendengarkan pendapat atau usulan dari masing-masing fraksi terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan ketua DPR Setya Novanto.

Hal itu disampaikan wakil ketua MKD Sarifudin Sudding saat ditemui wartawan, Selasa 21/11. “Apapun rekomendasinya nanti kita dengarkan pada saat rapat dengan fraksi-fraksi,” jelas politisi Hanura itu. 

“Dalam rapat nanti ada beberapa opsi.  Pertama, kita serahkan pada fraksinya untuk segera ditindaklanjuti untuk dilakukan pergantian Ketua, karena jabatan Ketua DPR  ini suatu jabatan yang sangat urgent,” tegas Sudding.

“MKD akan mengambil sikap dan akan memproses kasus ini. Karena ini tdak bisa dibiarkan,” tuturnya. 

Menurutnya, ditahannya Setnov oleh KPK mengindikasikan terjadinya pelanggaran terhadap sumpah jabatan. “Kalau boleh saya katakan ditahannya yang bersangkutan kuat indikasi bagi kita di MKD bahwa telah terjadi pelanggaran sumpah dan jabatan,” terangnya. 

Suding berharap dalam rapat tertutup ini semua fraksi datang untuk menyampaikan pendapatnya di MKD. 

“Dari pandangan-pandangan itu nanti MKD akan mengambil keputusan dan merekomendasikan pada Fraksi Golkar untuk segera ditindaklanjuti,” tutupnya.

Reporter: Indra Falmigo
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*