BPBD Bogor Latih Ratusan Relawan dari 40 Kecamatan Agar Siaga Bencana

Poto disaat di gelar kegiatan SAR di Hotel Pesona Anggraeni, Cisarua 1/11 (dok. KM)

BOGOR (KM) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar Pelatihan Search and Rescue (SAR) di Hotel Pesona Anggraeni, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa (31/10/17).

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penanggulangan bencana berbasis masyarakat, dimana tanggungjawab terhadap bencana bukan hanya pada pemerintah tapi juga pada masyarakat. Karena itu kita berikan materi pelatihan water rescue, logistik, posko komando, dan kesehatan,” kata Sumardi, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Ratik) BPBD Kabupaten Bogor.

Ia menjelaskan, pihak BPBD menjaring dengan mengajak dan melatih masyarakat untuk menjadi relawan dalam membantu menanggulangi bencana. “Untuk pesertanya diambil dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor. Mekanisme kita melakukan permohonan ke desa, kemudian pihak desa memberikan relawan hasil seleksi terbaiknya. Nah, dari semua 400 pendaftar kita rekrut yang ikut pelatihan SAR ini hanya 200 orang ditambah TRC baru 20 orang dan instrukturnya sebanyak 18 orang,” terangnya.

Sebagai gerbang utama dan motor di lapangan, lanjutnya, masyarakat yang telah dibekali akan siap siaga untuk melakukan evakuasi pertolongan secepat mungkin. Hal tersebut sangat diperlukan terutama pada daerah-daerah yang menjadi titik utama rawan bencana seperti longsor, puting beliung dan banjir.

“Saya berharap penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor bisa dilaksanakan dan ditanggulangi bersama-sama antara BPBD selaku pemerintahnya dan relawan selaku masyarakatnya,” pungkasnya.

Reporter: M egy
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*