Seminar Kebangsaan BEM Se-Jakarta Dalami Peranan Mahasiswa dalam Mengawal NKRI

Presidium BEM Se-Jakarta membuka acara Diskusi Publik

Diskusi Publik BEM S Jakarta Kawal Keutuhan NKRI Dan Membawa Bangsa Ini Menjadi Besar

JAKARTA (KM) – Mengusung tema “Peran Mahasiswa Dan Pemuda Dalam Mengawal Keutuhan NKRI”, Aliansi BEM se-DKI Jakarta dan Gempuri (Gerakan Mahasiswa Pemuda Untuk Rakyat Indonesia), mengadakan Seminar Kebangsaan di Hotel Alia Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 20/10.

Ketua Presidium BEM se-Jakarta Abdul Hakim mengatakan, “Negara kita sedang terjadi kekacauan, sedang terjadi ketidakstabilan dari berbagai elemen di masyarakat, serta ada yang ingin merusak kemajemukan bangsa ini,” tuturnya.

Dalam diskusi seminar tersebut, pemateri Zulhijah Zuwaid memaparkan tentang aspek-aspek peranan pemuda. “Negara tanpa keberadaan mahasiswa dan pemuda akan luluh lantak, disitulah pentingnya mahasiswa,” terang. 

“Cara kita mengawal negara tidak hanya lewat gerakan gerakan turun jalan,” tambahnya. 

“Gerakan mahasiswa sangat urgen sekali, faktanya dari zaman kemerdekaan mahasiswa sangat berperan penting. Cikal bakal kemerdekaan Indonesia ini adalah pemuda… Tantangan era sekarang begitu sangat terbuka, semua ideologi sangat mudah masuk dalam pikiran mahasiswa. Seperti PKI, terorisme, serta liberalisme, konservatisme,” terangnya. 

Seminar tersebut juga menghadirkan Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Andi Wibowo. 

“Jangan di dalam negara mudah diadu domba, karena semua itu kepentingan pragmatis,” tuturnya.

Presiden Mahasiswa Univ. Jayabaya, Ismail Marabesy memberikan pemaparan terkait aspek ekonomi dan politik. 

“Ekonomi hari ini perputarannya sangat cepat. Mahasiswa harus benar-benar mengontrol, harapannya Pemerintah mau bekerja sama dengan mahasiswa,” katanya.

“Dalam aspek politik, dimana partai-partai sekarang bertarung, rakyat kena imbasnya. Di sinilah peran mahasiswa mendorong hal-hal ini untuk terhidar dari konflik. Mahasiswa sebagai perekatnya, penyambung lidah masyarakat, harapan masyarakat,” tutupnya.

Reporter: Man
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*