Kodim Depok Gelar Apel Siaga Banjir

Sejumlah peralatan yang disiagakan oleh Kodim Depok untuk penanggulangan bencana banjir (dok. KM)

DEPOK (KM) – Dalam upaya mengantisipasi bencana banjir memasuki musim penghujan tahun ini, Kodim 0508/Depok menggelar apel siaga banjir di Makodim Depok, sekaligus pemeriksaan perlengkapan penanggulangan banjir oleh Kepala Staf Kodim 0508/Depok, Mayor Arh Ervan beserta para Danramil dan Staf, Selasa 24/10.

Menurut Ervan, untuk mengantisipasi banjir pihaknya menyiagakan personil Kodim termasuk perlengkapannya seperti rakit, tenda, kursi, pelampung, perlengkapan memasak, sekop dan alat komunikasi. “Wilayah Depok merupakan daerah perlintasan banjir yang rutin terjadi setiap musim hujan. Ada beberapa titik rawan banjir yang perlu diwaspadai. Seperti Kalilaya di Cimanggis, wilayah Sawangan, dan Sukmajaya,” ujar Kasdim di sela pengecekan perlengkapan banjir.

Dikatakannya, antisipasi banjir merupakan perintah Komandan Kodim 0508/Depok dan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah. Karena itu, seluruh jajaran mulai dari Kodim hingga ke Koramil harus siap karena bencana banjir itu datangnya tidak bisa diprediksi.

“Banjir bisa datang kapan saja, jadi personil juga harus siap dengan didukung perlengkapannya,” ungkapnya.

Dalam penanganan banjir, lanjutnya, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemkot Depok dan di waktu dekat akan dilaksankan gelar kesiapan penanganan banjir karena pemkot memiliki kemampuan dan perlengkapan yang memadai.

“TNI sifatnya hanya membantu, dan perlengkapan yang kita miliki juga sangat minim dan terbatas,” pungkas Kasdim.

Reporter: Deva
Editor: HJA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*